Sukses

Lifestyle

5 Tips yang Bisa #JagainKamu dari Godaan Diskon Lebaran

Menjelang lebaran, godaan diskon makin merajalela. Diskon di mall-mall hingga diskon di berbagai e-commerce sangat variatif. Rasanya jadi sulit untuk menahan godaannya yang berakibat belanja jadi boros nggak karuan.

Kalau sudah begini, kita memang harus benar-benar bisa mengendalikan diri ladies. Boleh kok belanja saat ada diskon malah bisa lebih hemat karena dapat memenuhi banyak kebutuhan dengan harga lebih murah. Cuma tetap perlu ingat rambu-rambunya biar nggak kebablasan.

1. Bedakan keinginan dengan kebutuhan

Kalau menuruti keinginan, belanja apapun nggak bakal ada habisnya. Tapi kalau disesuaikan dengan kebutuhan, kita akan lebih mudah mengendalikan hasrat belanja kita. Karena saat lebaran kemungkinan kamu bakal berhadapan dengan banyak pengeluaran, maka untuk sementara kamu harus mengesampingkan keinginan setiap kali belanja. Pastikan semua yang kamu beli itu memang yang benar-benar kamu butuhkan.

2. Tetapkan batas maksimal uang yang bisa dibelanjakan

Yap, kamu harus tegas sama diri kamu sendiri. Tetapkan batas pengeluaran atau batas uang yang akan kamu belanjakan setiap kali akan menyambut diskon. Jangan izinkan dirimu belanja lebih dari anggaran yang sudah kamu buat. You just need to control yourself!

3. Ingatlah kalau diskon juga bakal ada setelah lebaran

Kadang yang bikin kita panik saat mendengar kabar diskon adalah takut kehabisan atau kehilangan momennya. Padahal sebenarnya diskon akan selalu ada. Bahkan setelah lebaran pun bakal masih ada diskon. Diskon setelah lebaran pun tak kalah variatif daripada saat lebaran. Mengingat animo masyarakat untuk belanja usai lebaran masih tinggi, maka akan ada banyak penawaran diskon yang bisa dinikmati.

4. Sisihkan sebagian rezeki untuk disedekahkan

Bersedekah bisa jadi cara efektif untuk mencegah perilaku konsumtif. Kita jadi kembali diingatkan kalau masih ada orang-orang yang kurang beruntung dibanding kita. Sehingga setiap kali akan membelanjakan uang, kita bakal lebih bijak dan hati-hati.

5. Jangan lakukan 'window shopping'

Walaupun alasan cuma ingin cuci mata, sebaiknya hindari window shopping. Soalnya pasti akan tergoda kalau ada barang diskonan. Apa yang kita lihat pun jadi menarik dan pada akhirnya jadi ingin langsung membelinya. Jadi kalau dirasa sedang tidak butuh apa-apa, jangan melakukan window shopping dulu ya ladies.

Nggak ada larangan untuk belanja. Cuma ya itu tadi jangan sampai kalap dan nggak mengontrol diri. Utamakan belanja sesuai kebutuhan, ya ladies. Jangan sampai kita beli atau belanja barang-barang yang pada akhirnya nggak kita gunakan.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading