Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Yogurt seringkali jadi bahan makanan jika ingin menerapkan pola makan sehat. Daripada beli, ternyata yogurt bisa dibuat sendiri di rumah agar hemat dan tak perlu sering keluar untuk beli lagi. Nah seperti apa membuatnya? Ini resepnya.

Bahan:

  • 1 liter air susu full cream
  • 200 gr plain yogurt dengan bakteri hidup

Alat yang dibutuhkan:

  • panci penutup
  • whisk atau pengocok telur
  • gelas pengukur

Cara membuat:

  1. Hangatkan susu, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk dengan whisk dan jaga agar jangan sampai mendidih. Jika sudah membentuk lapisan putih di atasnya, segera matikan. Menghangatkan susu berfungsi mengubah struktur susu agar lebih mudah menjadi tempat berkembang biak bakteri.
  2. Aduk-aduk terus susu agar suhunya turun dan agar tidak membentuk lapisan putih di atasnya. Bahkan jika sudah terlanjur terbentuk lapisan susu di atasnya, disa dicampurkan kembali atau diangkat.
  3. Tempatkan yogurt dalam mangku, tuang susu ke dalamnya secukupnya. Aduk rata dengan whisk hingag tidak ada gumpalan atau tercampur rata.
  4. Setelah itu tuang campuran tersebut ke dalam susu yang ada di dalam panci. Aduk rata. Tutup panci.
  5. Masukkan panci ke dalam oven dalam keadaan mati. Setelah itu nyalakan lampu oven atau bungkus panci dengan handuk untuk menjaga kehangatan susu di dalam panci.
  6. Setelah itu biarkan selama 4 jam lamanya atau hingga susu menjadi padat dan kental. Itu adalah tanda susu sudha menjadi yogurt, dan siap dikonsumsi.

Mudah sekali bukan membuat yogurt sendiri di rumah?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading