Sukses

Lifestyle

Mudik di Jalan Selagi Puasa? Begini Caranya Agar Tetap Lancar

Sudah merencanakan mudik lebih cepat bahkan sebelum lebaran? Puasa saat mudik tentu menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika melakukan mudik dengan membawa kendaraan pribadi atau road trip. Menjaga kebugaran tubuh saat puasa dan dalam perjalanan selama mudik sangat dibutuhkan. Berikut tips-nya.

1. Cukup Tidur di Malam Hari

Tidur lebih awal itu wajib karena mengetahui besok harus melakukan perjalanan panjang dan lama. Tubuh yang mendapat waktu istirahat optimal paling tidak tidur 7-8 jam, akan mampu memaksimalkan kebugaran tubuh selama di perjalanan.

2. Jaga Pola Makan

Pola makan yang baik dan sehat, apalagi yang tidak menyebabkan mengantuk apalagi sakit perut, juga perlu diperhatikan. Hindari mengonsumsi makanan siap saji atau makanan instan. Hal ini penting agar tubuh tidak lemas selama perjalanan mudik.

Tips mudik sambil puasa/copyright Shutterstock.com

3. Konsumsi Vitamin C

Untuk menjaga tubuh tetap fit, lengkapi dengan minum vitamin C saat buka dan sahur. Bukan hanya bisa menjaga daya tahan tubuh, tapi juga menurunkan kemungkinan cepat lelah di perjalanan.

4. Cukup Air Minum saat Buka dan Sahur

Cukupi kebutuhan minum air putih selama buka puasa malam sebelumnya dan terutama saat sahur. Minum air putih cukup untuk menjaga konsentrasi selama berkendara karena kekurangan cairan bisa membuat konsentrasi menurun. Bawa pula bekal minum air putih sendiri jika memang tidak puasa.

5. Relaksasi Tubuh selama di Perjalanan

Agar tetap fresh selama di perjalanan, jangan ragu untuk mampir di rest area untuk mengistirahatkan diri jika lelah. Berikan pijatan di bahu, tangan dan kaki jika merasa lelah. Cara ini akan membuat tubuh kembali segar dan siap melanjutkan perjalanan.

Meski memang lebih praktis karena bisa membawa barang sesuai keperluan, namun road trip bisa sangat melelahkan, jadi jangan abaikan sekian tips di atas ya!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading