Sukses

Lifestyle

Jenis Ketupat di Beberapa Daerah Nusantara & Pendamping Penyajiannya

Ketupat merupakan menu spesial yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Meski ketupat juga bisa ditemukan di hari-hari biasa selain lebaran, ketupat di hari Lebaran seolah memiliki rasa yang khas dan mengesankan. Menu ketupat ini juga terasa begitu spesial.

Bicara mengenai ketupat, tahukah kamu bahwa ketupat memiliki jenis yang berbeda-beda dan disajikan dengan sajian atau lauk yang berbeda pula di setiap daerah. Melansir dari laman suaraislam.com, ada beberapa jenis ketupat yang sering kita jumpai di beberapa daerah di tanah air. Penasaran ketupat apa saja? Simak yang berikut ini.

Ketupat Glabed
Ini merupakan ketupat khas Tegal yang sangat populer. Umumnya, disajikan bersama kuah kuning kental. Glabed sendiri berasal dari ucapan orang Tegal ketika mengonsumsi ketupat ini bersama kuah kuning. Ucapan tersebut glabed-glabed.

Katupek Katan Kapau
Ini merupakan Katupek khas Kalau, yakni ketupat ketan dengan ukuran mini dan dimasak di dalam santan berbumbu. Ketupat ini bisa dibilang sebagai ketupat versi rebus lemang. Ketupat ini bisa dimakan sebagai camilan, dessert atau dimakan bersama masakan gulai kuah pedas seperti gulai mentok, gulai ayam, gulai ikan bahkan rendang.

Ketupat Blegong
Ketupat ini juga berasa dari Tegal. Ini adalah ketupat glabed dengan isian daging blegong di dalamnya. Blegong sendiri merupakan unggas keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa.

Ketupat Bongko
Ini masih sajian khas Tegal. Ketupat Bongko umumnya disajikan bersama sayur lodeh tempe yang telah diasamkan dengan kuah kental dan pedas.

Ketupat Cabuk Rambak
Ketupat ini merupakan sajian khas Solo. Penyajiannya adalah ketupat diiris tipis-tipis kemudian disiram dengan sambal wijen yang dicampur kemiri dan kelapa parut. Ketupat ini sering pula disajikan bersama kerupuk nasi yang disebut karak.

Ketupat Betawi (Bebanci)
Ini merupakan sajian ketupat khas Betawi. Biasanya, ketupat Bebanci disajikan bersama gulai daging sapi atau daging sapi kuah santan dengan aneka bumbu rempah.

Ketupat Tahu/Tahu Campur (Ketoprak)
Ketupat jenis ini adalah ketupat yang disajikan bersama sayur-sayuran, irisan tahu goreng, telur rebus dan taburan bawang goreng yang kemudian disiram dengan saus sambal kacang. Tak lupa kerupuk di atasnya agar rasanya semakin menggugah selera.

Itulah beberapa jenis ketupat dan penyajiannya yang ada saat ini. Kalau di daerah kamu, apa nama untuk sajian ketupat baik di Hari Raya Idul Fitri maupun hari lainnya? Biasanya, ketupat disajikan dengan apa? Share di kolom komentar ya.





(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Lodeh Tewel Campur Tetelan Tulang Sapi Untuk Sajian Lebaran Ketupat
Artikel Selanjutnya
Filosofi & Asal Mula Tradisi Lebaran Ketupat Idul Fitri