Sukses

Lifestyle

Terbuat dari Kepala Parut, 5 Kue Khas Nusantara Ini Enaknya Juara

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Tak hanya beragam, kuliner khas nusantara pun memiliki rasa dan aroma yang menggugah selera. Menariknya lagi, di berbagai daerah di Indonesia selalu memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa masing-masing pula meski bahan untuk makanan ini sama.

Dari sekian banyak kuliner yang ada, kali ini vemale akan membahas kuliner kue khas nusantara yang terbuat dari kepala parut. Melansir dari laman brilicious.brilio.net, ada beragam kue khas nusantara yang berbahan dasar kelapa parut dengan cita rasa yang menggugah selera. Apa saja kue khas tersebut? Simak yang berikut ini.

Kue Pancong
Kue pertama adalah kue pancong. Ini merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan kelapa parut kasar. Umumnya, penyajian kue pancong dibarengi dengan taburan gula pasir halus atau gula aren cair demi dapatkan rasa manis yang lebih menggigit serta gurih.

Kue Rangi
Sekilas, kue rangi mirip dengan kue pancong khas Betawi. Namun jangan salah, kue ini rangi terbuat dari tepung sagu dan kelapa parut yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Kue rangi memiliki cita rasa yang gurih. Penyajiannya bersama gula jawa yang telah direbus bersama nangka hingga membentuk saus gula kental.

Wingko Babat
Untuk kue khas nusantara yang berbahan dasar kelapa parut selanjutnya adalah kue wingko babat. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula pasir dan kelapa parut. Adonan wingko dibentuk bulat pipih kemudian dipanggang atau dibakar. Rasa wingko gurih campur manis yang begitu menggugah selera.

Kue Putu
Kue putu adalah kue yang berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan garam. Untuk membuat kue ini, adonan dikukus di dalam wadah bambu yang kemudian akan ditambahkan gula merah, ditutup dengan adonan lagi lalu dikukus hingga matang. Meski terbuat dari kelapa parut, penyajiannya juga akan ditambahkan taburan kelapa parut demi dapatkan rasa yang lebih gurih dan menggugah selera.

Geplak
Untuk kue selanjutnya adalah geplak. Bahan dasar geplak adalah kelapa parut yang ditambahkan tepung beras, gula pasir atau gula jawa. Geplak memiliki warna yang beragam. Umumnya adalah warna merah, hijau, kuning, putih dan cokelat gula jawa. Geplak adalah kue khas nusantara yang bisa dengan mudah ditemukan di Yogyakarta.

Ladies, itulah beberapa kue khas nusantara yang terbuat dengan bahan dasar kelapa parut. Selain kue di atas, kue lain yang juga berbahan dasar kelapa parut adalah kue sagon, kue iwel-iwel, gemblong dan masih banyak lagi.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ayam Bakar Madu Favorit Keluarga
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Makanan Favorit BJ Habibie yang Membuatnya Pintar