Sukses

Lifestyle

Ketahui 6 Fakta Unik Dampak Gerhana Bulan Bagi Kesehatan

Sudah tahu belum kalau bakal ada fenomena gerhana bulan? Penampakan gerhana bulan memang selalu jadi salah satu fenomena yang selalu menghebohkan masyarakat untuk melihatnya. Menurut Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu 28 Juli 2018 nanti diprediksi akan terjadi gerhana bulan total super blood moon. Fenomena ini merupakan gerhana bulan total terlama yaitu sekitar 103 menit. Serunya lagi gerhana bulan total ini bisa kamu amati di seluruh wilayah Indonesia.

Namun sebelum kamu menunggu harinya tiba, pasti kamu pernah mendengar mitos-mitos seputar gerhana bulan yang selalu jadi bahan perbincangan. Seperti saat munculnya gerhana nanti, para ibu hamil dan anak-anak dianjurkan untuk menjauhkan diri dari bahaya. Namun, apakah hal itu bisa dipercaya atau hanya mitos belaka?

Dilansir dari Ayurmantra, Selasa (30/1/2018), ketahui beberapa fakta unik soal gerhana bulan serta dampaknya bagi tubuh berikut ini.

  1. Faktanya, menonton gerhana bulan tidak memberikan dampak berbahaya bagi mata, sedangkan gerhana matahari ternyata yang bisa berefek pada kerusakan sementara pada retina mata.
  2. Menurut literatur Allopathy, tidak ada dampak bahaya gerhana bulan bagi ibu hamil. Jadi mereka bisa aman untuk menyaksikan gerhana bulan.
  3. Tidak ada teori ilmiah yang pernah menyebutkan kalau melahirkan saat gerhana bulan bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat.
  4. Gerhana bulan sering dikaitkan dengan dampaknya bagi kesehatan mental, namun ternyata gerhana bulan bisa mempengaruhi mood seseorang lho! Hal ini akan terjadi karena tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik saat gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.
  5. Biasanya jumlah nyamuk akan semakin banyak pada saat fenomena ini. Peneliti menyebutkan ada jenis nyamuk yang bisa bertambah pada waktu tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.
  6. Terakhir, hal yang paling berbahaya dari gerhana bulan adalah bulan tidak bersinar seterang biasanya. Jadi untuk kamu yang memilih berkendara saat fenomena ini berlangsung ada baiknya lebih berhati-hati karena suasana di sekitar menjadi lebih gelap.

Seperti yang dilansir dari catatan BMKG, kamu bisa mulai melihatnya gerhana bulan total dari pukul 02.30 WIB sampai 04.14 WIB. Jadi persiapkan dirimu untuk melihat fenomena unik ini ya!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading