Sukses

Lifestyle

5 Tips Agar Tidak Terjebak Kebiasaan Belanja Impulsif

Belanja memang menjadi kebutuhan setiap orang. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, terkadang orang-orang terjebak dengan keinginan belanja yang tak berguna atau disebut juga belanja impulsif. Tipe belanja seperti ini bisa membuat orang terjebak kebiasaan boros.

Lalu bagaimana mencegah agar tidak terjebak kebiasaan belanja impulsif? Dilansir dari gobankingrates.com, ini beberapa cara agar tidak terjebak belanja impulsif.

1. Berpikir sebelum beli
Jangan langsung ambil barangnya. Pertimbangkan dulu apakah kamu benar-benar sedang membutuhkannya atau ini hanya keinginan sesaat saja, karena bisa jadi kamu ingin beli barang karena barang itu terlihat bagus atau lucu. Tidak ada fungsi yang spesifik untuk barang ini.

2. Sudah punya barang serupa atau belum
Ingat-ingat lagi, apakah kamu punya barang yang fungsinya sama atau tidak di rumah. Jika sudah punya dan sudah banyak gantinya, misalnya baju, pikirkan apakah kamu masih membutuhkannya. Ketika kehidupan rutinitas kamu tidak terganggu meski tanpa benda itu, maka lewati saja. Jangan dibeli.

Tips mencegah belanja impulsif/copyright Unsplash.com/freestocks.org

3. Jangan suka belanja online
Ada banyak situs belanja online yang memudahkan pembeli dengan berbagai promo dan diskon. Namun untuk mencegah hal ini, kamu bisa mengurangi kebiasaan lihat-lihat situs belanja online. Batasi juga dengan cara tidak mengaktifkan internet banking. Kemudahan transfer uang membuat banyak orang tergoda belanja, tapi ketika kamu tak bisa melakukannya, kamu akan berpikir dua kali.

4. Jangan belanja karena bosan
Sama halnya dengan 'jangan belanja saat lapar' karena sebenarnya belanja hanya jadi pelampiasan saat kamu tidak mendapatkan apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Jika bosan, carilah hiburan atau main bersama teman, bulan belanja.

5. Pikirkan orang lain
Jika memang harus belanja, maka sortir barang-barang di rumah, berikan kepada yang membutuhkan atau jual jika masih layak jual. Dengan begini, kamu tidak menumpuk sampah di rumah.

Diskon dan barang-barang lucu mungkin membuatmu tergoda belanja, namun jangan sampai kebiasaan belanja impulsif membuatmu kehabisan uang dan rugi sendiri ya ladies!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
;
Loading