Sukses

Lifestyle

Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018, Begini Tips Untuk Menyaksikannya

Jika di awal tahun lalu kamu tidak bisa menyaksikan gerhana bulan total yang terjadi di Indonesia, pada tanggal 28 Juli 2018 ini pastikan untuk menyaksikan gerhana bulan langka ini. Pasalnya, gerhana bulan total 28 Juli adalah gerhana bulan dengan durasi paling lama di abad 21. Terjadi kurang lebih selama 43 menit, tak heran jika gerhana bulan kali ini sangat istimewa.

Agar kamu bisa menikmati dan menyaksikan gerhana bulan total dengan bahagia, melansir dari laman Liputan6.com, ada beberapa tips untuk menyaksikan gerhana bulan total. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

Pilihlah Lokasi yang Tepat
Pastikan untuk memilih lokasi yang tepat di mana kamu bisa leluasa menyaksikan gerhana bulan total. Kamu bisa memilih lokasi seperti roof top rumah atau balkon, lapangan hingga tepian sawah yang membuatnya bisa melihat angkasa dengan jangkauan lebih luas.

Pilih lokasi yang tepat untuk melihat gerhana bulan/copyright liputan6.com/Musthofa Aldo

Kunjungi Tempat Peneropongan Umum
Kalau ingin melihat bulan dengan jarak yang lebih dekat, kamu bisa mengunjungi tempat peneropongan umum dan meminjam alat teropong yang ada. Planetarium bisa menjadi tempat utama yang bisa kamu kunjungi jika kamu tinggal di Jakarta.

Lihat Sejak Awal Hingga Akhir
Agar tidak ketinggalan pada setiap momentnya, usahakan untuk datang ke lokasi melihat gerhana lebih awal dari waktu mulainya gerhana. Kamu juga penting untuk pulang lebih akhir setelah moment gerhana selesai. Menyaksikan gerhana dari awal hingga akhir tentunya akan memberi kesan mengesankan dan tak terlupakan.

Abadikan Gerhana Ini
Manfaatkan gadget dan kamera yang kamu miliki. Abadikan moment gerhana baik dalam bentuk foto maupun video.

Abadikan moment gerhana sebagai foto maupun video/copyright pexels.com/Samer Daboul

Pakai Pakaian Hangat dan Saksikan Gerhana dengan Tenang
Usahakan untuk memakai pakaian hangat saat menyaksikan gerhana. Mengingat akhir-akhir suhu udara cukup rendah dan dingin, kamu harus mengenakan pakaian hangat yang nyaman. Usahakan pula untuk senantiasa tenang sambil sembari berdoa juga berdzikir untuk menikmati kuasa Tuhan ini.

Mengenai gerhana bulan total 28 Juli 2018, ini diperkirakan akan terjadi pada pukul 1 malam hingga 5 subuh atau pagi. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 03.21 WIB, 04.21 WITA dan 05.21 WIT. Bulan akan tampak kemerah-merahan karena gerhana kali ini bertepatan dengan moment blood moon atau bulan darah juga.

Well ladies, nikmati moment gerhana bulan total ini ya. Jangan lupa untuk perbanyak berdoa dan mendirikan salat gerhana bulan bagi yang beragama muslim.




(vem/mim)
;
Loading