Sukses

Lifestyle

Sadari 7 Tanda 'Toxic Friend' yang Hanya Berikan Dampak Buruk Bagimu

Banyak orang yang suka menjalin pertemanan dengan orang banyak tanpa membeda-bedakan kepribadian mereka. Baginya memiliki banyak teman akan menunjukkan bahwa ia adalah seseorang yang friendly dan seru untuk diajak berteman. Padahal anggapan seperti itu belum tentu benar, memang seru punya banyak teman namun ada baiknya untuk juga pintar dalam memilih mereka. 

Memilih teman di sini dalam artian bahwa kamu harus mencari teman yang tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi juga memberikan banyak manfaat padamu agar bisa menjadi orang yang lebih baik. Pilihlah yang berkualitas, bukan kuantitas.

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa ada teman yang bisa membawa dampak buruk bagimu, karena menurutmu semua teman itu sama saja dan bisa punya kekurangan. Padahal hal itu akan memberikan efek yang buruk dalam jangka panjang jika kamu terus mempertahankannya. Orang yang berada di sekelilingmu akan punya pengaruh besar pada hidupmu lebih dari sekedar yang kamu bayangkan. Untukmu yang belum bisa membedakan mana teman yang buruk dan mana yang baik, maka ketahuilah beberapa tanda ini.

1. Dia tak pernah mendengarkanmu

Jika memang ia peduli terhadapmu, sudah sepatutnya dia paham segala masalah yang kamu alami. Sesekali dua kali wajar jika ia tak mendengarkan, namun kamu harus selalu memperhatikan apakah ia sering melakukan ini setiap saat.

2. Dia selalu suka membatalkan janji

Hal ini bisa membuktikan bahwa ia tak pernah bisa menghargaimu. Misalnya saja saat ia tiba-tiba mengajakmu untuk bertemu dan kamu menyempatkan waktu untuknya di sela kesibukanmu. Namun saat harinya tiba, ia malah membatalkan dengan seenaknya dan tidak peduli jika kamu sudah menunggunya. Yakin masih mau berteman dengannya?

3. Dia tidak pernah mendukung prestasimu

Pernahkah kamu merasa dia tidak pernah ada saat kamu merasa kesulitan ataupun tidak pernah ada saat kamu telah meraih apa yang kamu inginkan? Hal ini merupakan tanda bahwa ia tidak pernah benar-benar mendukungmu seutuhnya. Ketahuilah kalau ia hanya tidak peduli saat kamu berada dalam masa-masa sulit.

4. Dia hanya datang saat butuhnya saja

Pastinya dia akan datang saat membutuhkanmu saja seperti saat meminjam uang atau sekedar curhat untuk meminta solusimu. Dia hanya sekedar meminta sesuatu yang penting padamu, kemudian meninggalkanmu tanpa menanyakan kabar.

5. Dia tidak bisa menjaga rahasiamu

Sebagai seorang teman sudah pasti akan selalu menjaga rahasia temannya tanpa diminta. Namun hal itu tidak akan bisa ditoleran jika ia melanggarnya. Privasi adalah suatu rahasia yang harus selalu dijaga bukan? Hal ini sangatlah membuktikan bahwa ia tidak bisa menghargaimu sebagai temannya.

Jika kamu menemukan kelima tanda ini, ada baiknya segeralah memutuskan hubungan dengannya. Enggak mau kan terus-terusan menyakiti diri sendiri dengan memendam kesal padanya?

Terakhir yang harus selalu kamu ingat, bahwa teman yang baik tidak akan selalu mencela apapun pilihan dan keputusanmu lalu menganggap pendapatnya adalah yang paling terbaik. Baiknya, pertahankan teman terbaik yang akan selalu ada di sampingmu.

(vem/mgg)
Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Setia Kawan Lebih Tampan Di Mata Perempuan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Curhat dan Saling Berbagi Cerita, Ini 4 Manfaatnya untuk Hidupmu