Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatur Uang Sebelum Punya Anak Agar Tidak Repot di Masa Depan

Setelah menikah, salah satu hal penting untuk dilakukan adalah mengatur keuangan. Bukan hanya krusial dalam hal menjaga kenyamanan finansial rumah tangga, namun juga demi jaminan kenyamanan di masa depan, apalagi jika sudah punya anak.

Tapi selama belum punya momongan, bagaimana caranya mengatur keuangan agar tidak perlu repot lagi di masa depan? Seperti dilansir dari huffingtonpost.com, ini beberapa cara mengatur keuangan bagi kamu sebelum punya anak, ladies.

1. Bicarakan dengan pasangan

Ini adalah hal yang harus dilakukan berdua. Kesepakatan seperti apa yang kalian ambil ketika menyangkut biaya masa depan anak seperti sekolah dan keperluan lainnya.

2. Membuat asuransi

Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah memastikan ada jaminan yang akan membiayai di masa depan, salah satunya adalah membuat asuransi, baik itu kesehatan atau asuransi pendidikan. Ketahui dulu seperti apa kebutuhanmu dan jenis asuransi apa yang paling tepat dimiliki.

Mengatur keuangan ketika belum punya anak/copyright Pexels.com/Moose Photos

3. Anggaran merawat anak

Memikirkan satu hal ini, tentunya kamu dan pasangan perlu tabungan khusus. Menabung dan merencanakan masa depan dengan baik adalah cara yang akan membuatmu lebih tenang ketika sudah saatnya memiliki anak nanti.

4. Konsultasi asuransi kesehatan

Jmainan kesehatan perlu dipelajari dengan baik, apakah itu sudah mencakup diri sendiri dan anak-anak atau tidak. Pastikan kamu memahami asuransi kesehatan yang kamu miliki. Cara ini juga bisa mengantisipasi pengeluaran tak terduga mengenai kesehatan.

Tentunya, ada banyak hal yang perlu dibicarakan dan direncanakan sebelum punya anak, dan mumpung belum ada momongan, sekian cara mengatur keuangan di atas bisa kamu lakukan ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
;
Loading