Sukses

Lifestyle

Ini 5 Bukti Kalau Manajemen Keuanganmu Buruk, Yuk Catat!

Manusia tentunya bekerja untuk bisa memenuhi kebutuhannya dalam sehari-hari. Entah gajinya besar ataupun kecil, patutnya selalu disyukuri agar kamu bisa lebih berhemat mengatur keuangan. Karena terkadang para perempuan memiliki banyak keinginan, yang belum tentu memperhatikan detail kecil seperti berapa pengeluaran yang telah dilakukan ataupun apakah kebutuhan sudah cukup terpenuhi.

Untukmu yang saat ini merasa boros mengeluarkan uang, ada baiknya membaca beberapa hal di bawah ini mengapa uangmu bisa begitu cepat habis.

1. Tagihan kartu kredit lebih tinggi daripada gaji

Kartu kredit seringkali dianggap penyelamat saat kondisi terdesak. Namun tanpa disadari, penggunaan yang berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan bisa membuatmu menjadi boros. Sia-sia saja jika kamu megumpulkan uang namun ternyata pengeluaranmu juga setara dengan gajimu.

2. Tidak punya tabungan tetap

Coba mulai hitung total gajimu selama bekerja dan bandingkan dengan tabunganmu saat ini. Coba deh sisihkan 10% gaji bulananmu untuk dipakai sebagai tabungan jika suatu hari kamu membutuhkan uang mendadak.

3. Terbiasa tidak mencatat detail pengeluaran

Mencatat keuntungan sangatlah penting untuk mengetahui lebih banyak mana masukan atau pengeluaran. Jika, kamu tidak mencatat pengeluaran pasti kamu akan selalu merasa uangmu hilang begitu saja, namun sebenarnya sudah kamu habiskan untuk berbelanja.

4. Selalu membeli barang yang lagi trend

Membeli barang yang lagi trend mungkin menjadi alasan tersendiri untuk memuaskan keinginan. Namun, jangan jadikan kebiasaan yang bisa membuat keuanganmu jadi makin menipis. Pikirkan kebutuhan lain yang belum kamu penuhi seperti mengganti handphone yang sudah harus diganti.

5. Belum pernah menyisihkan pendapatan untuk orangtua

Memang orangtuanya tentunya tidak mengharapkan banyak sesudah anaknya memiliki pekerjaan. Tapi bukankah sebagai anak kita harus membalas kebaikan dengan cara memberikan hal berharga untuk orangtua kita? Hal ini bisa membuktikan bahwa kamu bersyukur dan menjadi lebih termotivasi untuk menjadi orang yang lebih sukses lagi untuk membahagiakan mereka.

Setelah mengetahui kelima hal tersebut, yakin kamu masih nggak mau buka tabungan?

(vem/mgg)
;
Loading