Sukses

Lifestyle

Kamu Termasuk Orang Perfeksionis? Kenali 3 Tanda Sederhananya Ini

Ketika dinilai sebagai seseorang yang perfeksionis, ini menjadi pujian atau kritik buatmu? Mengenai perfeksionis sendiri, hal ini sering dikatakan sebagai sikap yang ingin segalanya menjadi sempurna. Ini juga sering dikaitkan dengan keinginan yang terlalu tinggi atau mematok standar yang tak biasa.

Tapi sayangnya, orang-orang yang ingin segalanya sempurna ini justru sering merasa apa yang diinginkan kurang maksimal dan membuatnya tidak sadar bahwa ia adalah pribadi yang perfeksionis. Melansir dari laman curiosity.com, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang bersikap perfeksionis. Apa saja tandanya? Simak yang berikut ini.

Kerap Melakukan Penundaan
Orang-orang yang ingin segalanya terlihat sempurna tidak jarang melakukan berbagai penundaan akan sesuatu hal. Penundaan ini sendiri dilakukan karena adanya rasa takut dalam diri jika hal yang dilakukan menuai kegagalan. Orang yang perfeksionis tidak jarang menunda pekerjaan yang membuatnya tidak yakin akan keberhasilan kerjaan tersebut.

Berpikir dan Bertindak Secara Ekstrem
Ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu, orang perfeksionis cenderung berpikir dan bertindak secara ekstrem. Misalnya saja saat diet, demi hasil yang maksimal orang perfeksionis tidak jarang hanya akan minum air putih selama seharian penuh. Ketika memasak, ia hanya mau bahan-bahan terbaik dengan bumbu terbaik pula sementara ia tidak yakin bahwa bahan sederhana bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera.

Sulit Bersosialisasi
Orang yang perfeksionis akan menemui kesulitan saat bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Ia juga cenderung menilai negatif orang yang baru dikenalnya. Ia bahkan tidak jarang terlalu pemilih untuk menentukan teman yang cocok dengannya.

Itulah beberapa tanda sederhana bahwa seseorang adalah pribadi yang perfeksionis. Tanda lainnya bisa berupa sikap tak mau mengalah dan menganggap dirinya paling benar, ada sesuatu di masa lalu yang dinilai salah dan tak bisa terlupakan, sulit menerima keadaan pada diri sendiri dan sering berbohong mengenai apa-apa yang ada dalam dirinya atau cenderung menutup-nutupi kesederhanaan yang ada pada dirinya.

Dari beberapa tanda di atas, adakah tanda itu pada diri kamu?



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading