Sukses

Lifestyle

Yuk Bikin Sendiri Pastamu di Rumah dengan 4 Jenis Tepung Ini

Pasta adalah salah satu makanan berkarbohidrat yang sudah umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Mulai dari spaghetti, fettucinne atau pun makaroni, jenis-jenis pasta ini biasa diolah menjadi aneka makanan ataupun camilan yang rasanya telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Membeli pasta dalam bentuk kering memang lazim dilakukan karena harganya lebih murah dan juga lebih praktis. Tetapi kini banyak orang beralih ke pasta segar, yaitu pasta yang dibuat sendiri. Pasta segar rasanya lebih enak karena dibuat dan diolah langsung. Contoh pasta segar yang umum disajikan di restoran-restoran Indonesia adalah ravioli dan tortelini.

Untuk membuat pasta, baik kering maupun segar, bahan yang dibutuhkan adalah tepung. Ada empat macam jenis tepung yang bisa digunakan membuat pasta, yaitu:

  1. Tepung terigu serbaguna
  2. Tepung gandum
  3. Tepung semolina
  4. Tepung spelt

Masing-masing tepung punya karakteristiknya sendiri, yang menjadikan pasta-pasta yang kamu buat akan berbeda rasa maupun teksturnya.

Tepung terigu serbaguna

Pasta yang dibuat dari tepung terigu serbaguna ini umum ditemui karena bahan pembuatnya yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayangnya pasta dengan tepung terigu serbaguna tidak memberikan rasa yang khas.

Tepung gandum

Tepung gandum yang digunakan untuk membuat pasta akan menghasilkan rasa pasta yang lebih renyah. Selain itu, tepung gandum kaya akan serat, protein, vitamin E dan B.

Tepung semolina

Ini aalah tepung tradisional Italia yang khusus digunakan untuk membuat pasta. Tekstur adonan menggunakan tepung semolina akan cenderung keras, ulet dan cepat kering karena kaya akan protein dan gluten.

Tepung spelt

Tepung yang bisa menggantikan tepung gandum karena punya tekstur dan rasa yang sama. Umumnya pasta dengan tepung spelt diperuntukkan mereka yang ingin makan pasta tapi alergi terhadap gandum.

Itu dia beberapa pilihan tepung yang bisa digunakan untuk membuat pastamu sendiri. Selamat mencoba!

 

(vem/wnd)
;
Loading