Sukses

Lifestyle

Sebelum Makin Boros, Ikuti 5 Tips Aman untuk Bisa Mengelola Kartu Kredit

Saat ini kartu kredit telah menjadi hal biasa saat melakukan pembayaran. Alasannya karena memakainya bisa cepat dan ringkas tanpa sibuk mencari uang cash yang ada di dompet. Dengan kartu kredit, kamu bisa berbelanja apapun dengan hanya menggesek sebuah kartu.

Namun, tanpa kamu sadari ternyata pengeluaran bisa saja berlebihan. Kamu bisa jadi lupa dengan kondisi keuangan yang sebenarnya. Biar nggak makin kejauhan, berikut ini tips untuk bisa mengelola kartu kredit dengan bijak.

1. Maksimalkan pakai dua kartu kredit

Sebaiknya kamu harus bisa membatasi diri supaya tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua. Kalau kamu punya banyak kartu kredit, hasrat untuk berbelanja pun jadi makin tinggi. Akibatnya kamu jadi boros dan tidak memperhatikan kebutuhanmu sebenarnya.

2. Atur batas limit kartu kredit sesuai kebutuhan

Faktanya, setiap kartu kredit memiliki limit tertentu. Nah, penting untuk kamu mengatur dengan limit yang kecil dahulu, agar kamu tidak gampang boros dan pengeluaran bisa diatur dengan baik.

3. Pikir dulu sebelum berbelanja

Setiap perempuan pastinya doyan sekali untuk berbelanja, ada diskon menarik pasti bisa langsung tertarik. Untuk itu, ada baiknya selalu ingatlah untuk berpikir sebelum berbelanja apakah barang tersebut termasuk kebutuhan atau keinginan saja.

4. Periksa tagihan dengan teliti

Kalau sudah mendekati jangka waktu membayar kartu kredit, pastinya kamu akan menerima tagihan bulanan. Coba periksalah dengan teliti, siapa tahu ada transaksi yang tidak pernah kamu lakukan. Dengan begini kamu bisa komplain ke penerbit kartu kredit.

5. Gunakan point reward yang didapat

Point reward adalah salah satu keuntungan dari kartu kredit karena saat kamu belanja bisa menambah poin dalam kartu kreditmu. Jumlah poin yang sudah terkumpul nantinya bisa kamu tukarkan dengan barang atau promo yang menarik.

Nah, itulah tips yang bisa kamu lakukan dalam mengelola kartu kredit. Semoga bermanfaat.

(vem/mgg)
;
Loading