Sukses

Lifestyle

3 Cara Terbaik Bantu Korban Gempa Jika Jauh dari Lokasi Kejadian

Mendengar kabar berita gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat kemarin tentunya membuat banyak orang prihatin. Namun bukan hanya rasa simpati saja yang bisa kamu lakukan, apalagi jika ingin ikut serta membantu para korban gempa.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan meski jauh dari lokasi gempa demi bisa meringankan beban mereka. Seperti diungkapkan Psikolog Rukiana Hutagalung, berikut ini cara menolong korban gempa secara langsung dan tidak langsung.

1. Jangan sebar berita tak benar
Media sosial menjadi area di mana banyak info dan berita benar dan tidak benar menyebar. Jangan sembarangan menyebarkan berita jika belum jelas kebenarannya. Menyebar hoax hanya akan memperparah keadaan.

"Jangan menyebarkan berita yang justru akan menambah kecemasan, baik untuk korban langsung maupun orang lain," ujar wanita yang berpraktik di RSUD Prambanan ini.

2. Jangan sebarkan foto korban
Alangkah lebih sopan dan beretika jika tidak menyebar foto korban bencana dalam situasi yang menyedihkan ini. "Mereka sudah cukup menderita dan mereka bukan tontonan," ujarnya.

Meski mungkin kamu penasaran seperti apa kondisi sebenarnya di tempat kejadian, tak perlu sampai menyebarkan kepedihan orang untuk konsumsi publik.

3. Kirim donasi dan bantuan dari jauh
Bantuan bisa berupa penggalangan dana atau donasi dalam bentuk uang, makanan dan pakaian untuk korban bencana dan dikirimkan ke pihak yang bisa dipercaya di tempat kejadian. Untuk yang lokasinya berdekatan dengan tempat kejadian, bisa mendonorkan darah atau menjadi sukarelawan membantu di tempat kejadian.

Ada banyak hal baik yang bisa dilakukan ketika menghadapi bencana gempa bumi dan mendukung korban bencana meski dari jauh. Yuk lebih peduli sesama, ladies!

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini 3 Hal yang Harus Kamu Lakukan Pada Cincin Pernikahan
Artikel Selanjutnya
4 Tips Merawat Sepatu Sneakers Agar Tahan Lama