Sukses

Lifestyle

Ini Trik Menjawab Pertanyaan Tentang Kekuranganmu Saat Wawancara Kerja

Tentunya dalam kehidupan seseorang punya kelemahan. Begitupun saat wawancara kerja, saat ditanyakan "apa kekurangan yang kamu miliki?" memang bisa membingungkan namun kamu harus punya strategi khusus agar bisa menjawabnya dengan tepat. Sebab, pertanyaan tersebut sebenarnya mengandung "jebakan" yang akan membuatmu peluangmu gugur saat wawancara nanti.

Seperti yang dilansir dari womanstalk, hal yang perlu kamu ingat, janganlah berkata "tidak ada" untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal itu malah membuatmu tidak tahu menahu tentang dirimu sendiri. Padahal yang ingin diketahui pewawancara sebenarnya adalah bagaimana kamu mengatasi tekanan atas pertanyaan tersebut. Selain itu, jawaban serta solusi kekuranganmu juga bisa membantumu lebih menonjol daripada kandidat lain.

Menurut James Innes, penulis buku The CV Book, ada 2 hal lain yang ingin diketahui pewawancara dari pertanyaan itu. Pertama, ia ingin mengidentifikasi setiap kelemahan yang mungkin bisa saja merugikan menjalankan jabatan yang kamu inginkan. Kedua, pewawancara ingin menilai bagaimana kamu mengukur diri dan menggambarkan kekuranganmu sendiri.

Pasalnya, kamu harus menganggap kelemahan sebenarnya bukanlah suatu kelemahan. Melainkan ubahlah kekurangan tersebut sebagai kekuatan. Misalnya kamu menjawab "saya terlalu perfeksionis" atau "saya terlalu pekerja keras". Dengan begini kamu bisa menunjukkan kemauan untuk belajar, beradaptasi, dan memperbaiki kekurangan. Selain itu, kamu akan dinilai inisiatif dengan melakukan sebuah perubahan. Intinya, pilihlah kelemahan yang bisa diatasi dengan menambah pengalaman dan kemampuan yang akan bisa dilakukan di pekerjaan tersebut. Tentunya kelemahan ini bisa jadi mudah untuk diatasi.

Nah, itulah yang harus kamu lakukan saat ditanyakan pertanyaan tersebut. Kalau kamu apakah punya cara sendiri untuk menjawab "apa kekuranganmu" saat wawancara kerja?

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading