Sukses

Lifestyle

Penutupan Asian Games 2018 Selesai, Petugas Kebersihan Dikerahkan

Penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung meriah dan diguyur hujan menjadi salah satu momen besar bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Tentunya, ada banyak hal yang patut dibanggakan dan dikenang seiring berakhirnya ajang olahraga besar ini. Namun ada satu hal yang pastinya perlu dilakukan setelah semua pesta ini berakhir, yaitu bersih-bersih.

Acara yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini berakhir sekitar pukul 21.30 WIB. Seusai acara, sejumlah petugas kebersihan telah disiapkan dari Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat untuk langsung menggelar briefing. Mereka adalah orang-orang yang akan bertugas untuk membersihkan sampah di area SUGBK.

Diungkapkan Risart Seristian selaku Koordinator Dinas LH di area GBK, bahwa mereka sudah mempersiapkan 500 petugas kebersihan. Ada dua shift yang dilakukan dan saat itu merupakan shift kedua yang diperkirakan akan selesai pada pukul 01.00 atau 02.00 dinihari WIB.

Pada upacara pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus lalu, petugas kebersihan banyak belajar bahwa dibutuhkan lima hingga enam truk untuk membersihkan kawasan BGK. Setiap truknya mampu menampung 20 meter kubik sampah, sehingga diperkirakan ada sekitar 100 meter kubik sampah yang bisa diangkut setelah acara penutupan Asian Games ini.

Petugas kebersihan menyisir GBK usai Penutupan Asian Games 2018/copyright Liputan6.com/Ahmad Fawwas Usman

Untungnya, Risart mengaku bahwa ini adalah jumlah yang sedikit jika dibandingkan skala acara yang besar sehingga tidak perlu terlalu khawatir mengenai jumlah sampah yang membludak.

"Sampah ini bukan hanya masalah petugas, tapi juga masalah bersama. Alhamdulillah kesadaran ada peningkatan. Kami juga sudah mendapat bantuan dari berbagai komunitas dengan jumlah personel hingga 1.000 orang," ujar Risart dilansir dari Liputan6.com.

Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan semakin baik selama Asian Games 2018, semoga ke depannya kesadaran masyarakat semakin baik terhadap kebersihan dan lingkungan, ladies.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Meriahkan Closing Ceremony Asian Games 2018, Penampilan Super Junior dan iKON Disambut Ratusan Smartphone dan Teriak Histeris
Artikel Selanjutnya
5 Penampilan Tak Terlupakan di Closing Ceremony Asian Games 2018