Sukses

Lifestyle

Waspadai 5 Pemicu Pertengkaran Saat Baru Tinggal Serumah Setelah Menikah

Setelah menikah dan akhirnya tinggal serumah, akan ada banyak hal yang berubah. Tinggal satu atap sebagai pasangan pengantin baru bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Namun di sisi lain pengalaman baru ini bisa jadi tantangan tersendiri.

Agar lebih bisa mengondisikan keharmonisan rumah tangga sebagai pengantin baru, penting untuk mengetahui hal-hal umum yang bisa jadi pemicu pertengkaran. Yuk, kita kenali lebih jauh apa saja sih hal-hal yang bisa jadi pemicu pertengkaran saat tinggal serumah sebagai pengantin baru.

1. Jam tidur
Kamu dan pasangan mungkin punya kebiasaan tidur yang berbeda. Mungkin kamu tipe orang yang sering begadang dan bangun agak siang, sementara suami sering tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Perbedaan jam tidur ini kalau tidak dikomunikasikan dengan baik bisa memicu pertengkaran dan kondisi tidak nyaman. Jadi bicarakan dengan baik agar bisa lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri satu sama lain.

Copyright raiseyourmind.com

2. Menjaga kebersihan
Yup, urusan higienitas bisa jadi pemicu pertengkaran yang cukup hebat di tahun pertama pernikahan. Standar kebersihanmu dan kebersihan pasangan mungkin berbeda. Misalnya untuk ruang kerja, mungkin suami lebih nyaman kalau kondisi ruang kerja dibiarkan berantakan agar lebih mudah mencari barang yang ia perlukan dengan lebih cepat. Jadi pastikan kamu juga selalu mengomunikasikan hal ini pada suami bila ada niat untuk membersihkan ruang kerjanya.

3. Urusan makanan
Kebiasaan makan juga bisa jadi pemicu pertengkaran. Bisa jadi kamu tipe orang yang nggak terbiasa sarapan berat sedangkan suami harus selalu makan nasi dengan lauk pauk lengkap sebagai sarapan. Urusan makanan seperti ini pun perlu didiskusikan dengan lebih terbuka biar tidak saling menyalahkan.

Copyright fiercemarriage.com

4. Mengundang tamu
Pada dasarnya setelah menikah akan ada banyak hal yang perlu dikomunikasikan bersama. Tak bisa hanya diputuskan seorang diri. Termasuk dalam urusan tamu. Baik itu mengundang tamu maupun memperlakukan tamu. Tamu di sini bisa jadi kerabat, anggota keluarga, teman, hingga rekan kerja. Jangan sampai urusan tamu ini malah menimbulkan perasaan tidak nyaman antara kamu dan pasangan.

5. Menghabiskan waktu sendiri di rumah
Pria pada umumnya akan memilih berdiam diri dalam 'gua' saat sedang ada masalah. Ketika ada masalah dan ingin menyendiri, dia mungkin tidak ingin kamu ganggu. Hal seperti ini bisa memicu pertengkaran bila tidak dipahami dengan benar. Jadi perlu juga komunikasi soal kebutuhan untuk menyendiri di rumah demi membuat tubuh dan pikiran lebih rileks tanpa ada maksud mengabaikan pasangan.

Saat masih jadi pengantin baru, sangatlah lumrah jika bakal masih ada banyak hal yang perlu disesuaikan dan dikondisikan. Apalagi ketika sudah tinggal serumah, kamu dan pasangan harus sama-sama berusaha dan bekerja keras untuk menjembatani segala perbedaan yang ada. Ya, semoga untuk ke depannya permasalahan yang muncul saat menjadi pengantin baru bakal mendewasakan kalian berdua untuk hubungan yang lebih langgeng.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading