Sukses

Lifestyle

Bisakah Menggantikan Baking Powder dengan Baking Soda?

Banyak orang yang belajar membuat kue mungkin sering mempertanyakan, apakah baking soda bisa menggantikan baking powder dan sebaliknya. Banyak orang bahkan sering berpikir bahwa dua benda ini sama saja.

Ternyata tidak lho, meskipun punya nama yang hampir sama, namun penggunaannya memberi pengaruh berbeda pada hasil kue. Dilansir dari Food 52, kedua benda ini memang sama-masa memiliki fungsi sebagai pengembang, menciptakan gas dan membuat kue mengembang namun punya efek berbeda pada kue.

Bedanya, baking soda yang terbuat dari sodium bikarbonat bereaksi cepat segera setelah ia dicampurkan dengan bahan cair, komposisi asam sehingga memproduksi karbon dioksida. Baking soda biasa digunakan untuk membuat makanan-makanan seperti yogurt, keju, buttermilk, sour cream dan lainnya.

Di sisi lain, baking powder adalah baking soda yang ditambah bubuk asam, dan bubuk tartar sehingga memiliki efek lebih besar saat digunakan untuk memanggang kue. Untuk mengetahui perbedaan penggunaan baking powder dan baking soda, dua hal ini bisa menjelaskan semuanya.

Perbedaan penggunaan pada biskuit, warna lebih gelap dan lebih lebar pada baking soda/copyright Food52.com

Perbedaan warna dan mengembang yang ditunjukkan baking soda dan baking powder/copyright Food52.com

Sisi baiknya, baik penggunaan baking soda maupun baking powder tidak mempengaruhi rasa pada biskuit. Sedangkan pada cupcake, baking soda berpengaruh tidak begitu baik pada rasa, penggunaan baking soda merusak rasa cupcake sehingga tidak enak dimakan.

Jadi, ketika ada resep kue yang secara spesifik memasukkan bahan baking powder atau baking soda, sebaiknya tidak mengganti satu sama lain ya ladies, karena kemungkinan hasilnya bisa berbeda dari yang sudah seharusnya.

(vem/feb)
Loading