Sukses

Lifestyle

Berusia 112 Tahun, Inilah Masazo Nonaka Pria Tertua di Dunia Asal Jepang

Rata-rata usia manusia selama hidup di dunia adalah 70 - 80 tahun. Tapi tidak memungkinkan bagi beberapa orang untuk hidup lebih dari 100 tahun. Dilansir dari laman guinnessworldrecords.com, beberapa waktu lalu nama Francisco Olivera dari Spanyol tercatat sebagai pria tertua di dunia yang kemudian meninggal dunia di usia 113 tahun awal tahun ini.

Sepeninggal Olivera, pemilik rekor pria tertua di dunia kini disandang oleh seorang pria asal Jepang bernama Masazo Nonaka. Pria ini tercatat lahir pada tanggal 25 Juli 1905 dan kini berusia 112 tahun lebih 259 hari.

Masazo menerima penghargaan dari guinness world records/copyright guinnessworldrecords.com

Meski telah berusia sangat lanjut, kondisi kesehatan Masazo terbilang masih mengesankan. Lantas, apa yang membuat pria ini bisa memiliki usia yang mengagumkan dan begitu panjang? Masazo selama hidupnya memiliki kebiasaan berendam di air panas. Ia juga senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan terawat. Pria ini juga hobi mengonsumsi makan makanan manis tapi selalu memastikan bahwa kesehatan giginya baik-baik saja.

 Masazo tercatat sebagai pria tertua di dunia/copyright guinnessworldrecords.com

Mengenai Masazo sendiri, ia telah menjalankan penginapan dengan fasilitas mata air panas selama empat generasi. Kini penginapan tersebut menjadi tanggung jawab para cucunya dan terus dikembangkan.

Menurut anggota keluarganya, dalam kehidupan sehari-hari Masazo masih suka berendam di air panas. Ia juga masih melakukan berbagai aktivitas seperti orang lain pada umumnya mulai dari membaca koran di pagi hari, menonton acara gulat sumo atau sekedar jalan-jalan dengan kursi rodanya dengan diantar sang cucu atau cicit.

 Rajin berendam di air hangat menjadi rahasia Masazo agar panjang umur/copyright guinnessworldrecords.com

Dari data yang ada, Masazo adalah satu dari 67.800 orang di Jepang dengan usia fantastis di atas 100 tahun. Jepang sendiri angka harapan hidup untuk penduduknya rata-rata adalah 80,9 tahun untuk pria dan 97,1 tahun untuk wanita. Wanita tertua di dunia juga berasal dari Jepang, ia adalah Nabi Tajima.

Agar kita juga bisa memiliki usia panjang, pastikan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan hidup bahagia.

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Usianya Baru 27 Tahun, Wanita Ini Sudah Keliling Dunia Kunjungi 181 Negara
Artikel Selanjutnya
Memiliki Otot & Tubuh Kekar Bantu Penderita Kanker Payudara Panjang Umur