Sukses

Food

5 Tips Memasak Iga Sapi agar Dagingnya Copot Sempurna dari Tulang

Fimela.com, Jakarta Saat menikmati sup iga, daging yang bisa langsung copot sempurna dari tulangnya ketika dimakan jadi sensasi tersendiri. Apalagi kalau dagingnya empuk dan lembut, wah rasanya pasti sangat lezat ya.

Tapi gimana sih cara untuk memasak daging iga yang benar? Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan daging iga hingga mempersiapkannya sebelum diolah.

1. Pilih Daging Iga Sapi yang Muda

Sebisa mungkin pilih daging iga sapi yang masih muda ya. Jenis daging ini akan lebih cepat empuk saat dimasak. Cari daging yang lapisan emaknya tipis berwarna putih. Hindari daging yang memiliki lapisan lemak tebal seperti urat karena bakal butuh waktu lama untuk mengolahnya.

2. Rebus Singkat dalam Air Mendidih (Blanching)

Agar daging iga cepat empuk, kita bisa melumurinya lebih dahulu dengan buah nanas yang diparut atau daun pepaya selama beberapa menit. Sementara kalau ingin membuat olahan sup atau semur, daging iga sebaiknya direbus singkat dalam air mendidih. Nanti air rebusannya dibuang. Tujuannya agar untuk menghilangkan bau tak sedap dan mengurangi keruhnya kaldu yang akan dihasilkan.

3. Rebus Menggunakan Panci Bertekanan

Panci bertekanan bisa menghemat waktu dalam mengolah daging iga sapi jadi lebih cepat empuk. Masukkan iga sapi dalam panci bertekanan, tambahkan air secukupnya. Lalu masak selama 30 menit. Setelah itu iga sapi dapat ditambahi bumbu dan direbus sebentar.

4. Rebus dengan Panci Biasa Menggunakan Api Kecil

Pakai panci biasa pun bisa. Meski memang akan butuh waktu lebih lama, ya. Caranya didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan iga sapi yang sudah direbus singkat (lihat langkah no. 2). Masak dengan api kecil sambil buang kotoran yang menggumpal. Terus masak hingga daging empuk.

5. Masak dengan Slow Cooker

Untuk mendapat daging iga yang lebih lembut, bisa gunakan slow cooker. Tinggal masukkan daging iga sapi yang sudah direbus sebentar, tambahkan aneka bumbu, lalu masak sekitar enam jam. Selain tekstur daging jadi lebih lembut, rasa kaldunya pun jadi lebih nendang.

Sekarang, sudah lebih semangat dong untuk memasak dan mengolah daging sapi. Untuk mendapatkan daging iga yang copot sempurna dari tulangnya memang butuh teknik perebusan yang tepat. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading