Sukses

Lifestyle

Menjadi Kartini Tangguh dengan Tidak Meremehkan Sesamanya

Hari ini 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Gaung tentang emansipasi, feminisme dan pergerakan perempuan semakin jelas terdengar. Emansipasi adalah pembebasan. Bebas melakukan apapun yang menjadi pilihannya, tidak dianggap remeh atau meremehkan pilihan orang lain.

Emansipasi adalah membebaskan diri, tidak hanya pada diri sendiri tapi juga orang lain. Jika sesama wanita saja kita sulit untuk menghargai, bagaimana mungkin orang lain mau menghargai hak dan kepentingan kita? Sementara kita terlalu sibuk memberikan 'label' kepada orang lain.

Memahami emansipasi sebagai kebebasan akan membuat kita lebih bijak. Emansipasi tidak hanya menyoal tentang tuntutan kita untuk dipandang sama dengan pria dalam berbagai aspek kehidupan. Ada yang lebih penting dari itu. Emansipasi adalah membebaskan, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

Maka, sudah saatnya kita berhenti menghakimi pilihan orang lain. Menganggap pilihanmu adalah yang terbaik. Dan yang paling penting berhenti meremehkan kepentingan orang lain. Bisa jadi yang menurut kita remeh sebaliknya sangat penting bagi orang lain. Tentu kamu tidak ingin apa yang menjadi kepentinganmu diremehkan orang lain. Tidak perlu sibuk menghakimi, setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Yang kamu anggap baik dan benar belum tentu terbaik.

Jadilah perempuan tangguh yang tidak menjatuhkan pilihan orang lain. Hargai perempuan lain seperti kamu ingin dihargai. Berhenti menganggap remeh pilihan perempuan lain, karena perempuan hebat tidak akan menganggap dirinya lebih baik dari perempuan lain. Selamat Hari Kartini, selamat menjadi tangguh.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading