Sukses

Lifestyle

7 Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

Menurut survei oleh Bentley University seperti yang dilansir dari Forbes, 67 persen anak muda mengungkapkan salah satu tujuan hidupnya yaitu membangun bisnis mereka sendiri. Sedangkan 37 persen responden mengatakan bahwa mereka ingin bekerja secara mandiri. Statistik menunjukan bahwa para milenials mempertimbangkan jam kerja yang fleksibel menjadi salah satu kunci meningkatkan produktivitas.

Melihat survei tersebut, membuka usaha atau bisnis menjadi salah hal yang tepat untuk mencari pundi-pundi rupiah. Apalagi bagi perempuan, berbisnis merupakan pilihan tepat. Selain tidak terikat dengan jam kerja, kamu pun bisa bebas memilih passion dan tentu lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga.
 
Sayangnya, memulai suatu bisnis memang tidak mudah. Banyak yang harus dipikirikan, inilah mengapa banyak orang yang mundur di tengah jalan ketika memulai bisnis. 
 
Namun, kamu tak perlu khawatir, Maya Miranda, selaku tokoh perempuan di bidang usaha akan memberikan tips berbisnis bagi perempuan dalam acara Hari Ulang Tahun Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) Ke-2, PPLIPI. 
 
 
 
“Perempuan mandiri adalah perempuan yang bisa memberdayakan dirinya secara ekonomi. kalau masih tergantung sama suami, susah. Tapi kalau sudah mampu secara ekonomi, kita bisa melakukan apa saja seperti berpolitik, berkegiatan diluar, dsb. Untuk itu bisnis menjadi salah satu cara kamu bisa memiliki penghasilan sendiri,” ujar Maya yang juga owner JD.ID, ketika ditemui dalam talkshow "Menakar Eksistensi Perempuan di Area Publik" di Mercantile Club, WTC 1 Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (27/4).
 
Maya mengatakan ada 7 cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis diantaranya:
 
1. Passion 
 
Untuk menjadi bisnis women harus berani mengambil risiko. Do what you think you happy with it. Cari dulu apa yang menjadi passionmu, jadi jangan hanya ikut-ikutan.
 
“Seperti kue artis yang sedang booming kamu ikutan. Tapi ambil risiko dengan kamu memiliki passion di bidang apa, jalani dengan tekun,” paparnya. 
 
 
2. Fokus dan Disiplin
 
Kita harus fokus dengan apa yang telah kita pilih. Seperti jika ingin berbisnis makanan kamu harus konsisten dengan rasa. Jadi pertahan kualitasnya. 
 
3. Network
 
“saya selalu katakan pada orang yang mau berbisnis, network sangat penting. Bagaimana  dengan modal terbatas, tapi kita punya kekuatan skill.  Modal bukan hanya dalam bentuk uang, tapi skill. Bergaul dengan orang yang berbisnis, kalau nggak bergaul, ga kenal orang, ya barangnya nggak bisa terjual,” ujarnya. 
 
4.  Percaya Diri
Dengan percaya diri dengan bisnis yang kita jalankan. Jika kita memiliki energi positif orang pun akan merasakannya. Dan terpenting jangan ada kesombongan, disitulah faktor kehancuran. 
 
5. Berpenampilan 
Penampilan yang baik dapat menggambarkan karakter diri. Jadi orang akan menghargai apabila penampilan kita rapi. Tak perlu mahal, asalkan rapi orang akan melihat kita dengan baik. Dan santulah dalam berbicara
 
6. Membaca
Saat kita belajar, banyaklah membaca. Banyak mengetahui tentang dunia dan membuka wawasan.
 
 
7. Niatkan semua pekerjaan untuk kebaikan dan untuk berbagi
 
“Kalau niat bisnis, kamu jangan berpikir untung dulu. itu salah. saya pertama kali membangun usaha, niatnya bisnis ini bermanfaat bagi masyarakat, menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang, dengan begitu berkah pun terus mengalir,” paparnya. 
 

HUT PPLIPI Ke-2 ini juga diramaikan dengan tokoh terkenal lainnya, seperti Haiyani Rumondang selaku Tokoh Jajaran Eksekutif dan Ani Soetjipto selaku Pengamat Politik. Dan Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadharma Ali.

"Melalui diskusi ini kami ingin memberikan penghargaan kepada seluruh wanita Indonesia sebagai Kartini masa kini untuk menjalankan perannya menjadi wanita mandiri," ujar Ketua Umum PPLIPI, Indah Suryadharma Ali.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading