Sukses

Lifestyle

Kenapa Durian Aromanya Sangat Menyengat? Ini Alasan Ilmiahnya

Bagi sebagian orang, durian adalah buah paling enak dari segala macam buah. Tapi, bagi sebagian lagi, durian adalah buah yang unik dan sangat dibencinya. Kalau kamu, tim pencinta atau pembenci durian nih?

Mengenai durian, ini merupakan buah tropis yang memiliki aroma super menyengat. Ini juga memiliki daging buah yang lembut dan teksturnya cukup unik jika dibandingkan dengan buah lain pada umumnya. Beberapa orang tidak suka dengan durian karena menilai aromanya sangat menyengat dan bikin pusing. Tentang aroma durian yang begitu menyengat, kira-kira kenapa durian aromanya sangat menyengat ladies?

Dikutip dari laman popsci.com, dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Nature Genetics menyebutkan bahwa durian memiliki 46 ribu gen, kira-kira dua kali jumlah gen yang ada dalam DNA manusia. Patrick Tan, seorang peneliti biomedis di Singapore's Dune-NUS Medical School dan rekannya Bin Tean Teh telah melakukan penelitian terkait aroma durian ini.

Kedua peneliti ini melakukan penelitian dengan 3 teknik. Dari ketiga teknik yang digunakan, ditemukan bahwa kakao bukan satu-satunya kerabat durian. Kapas ternyata masih kerabat dan memiliki gen yang cukup mirip di beberapa bagian.

"Ketika kami membandingkan urutan genom durian dengan leluhur sebelumnya seperti kakao, kami menemukan bahwa durian mengalami peristiwa duplikasi genom secara keseluruhan. Ini yang membuatnya memiliki aroma menyengat karena banyak gennya yang berfokus memompa sehingga menjadikannya sangat menyengat," ungkap Patrick Tan.

Pada dasarnya, durian mengambil duplikasi genom dari tanaman yang masih kerabat dengannya, beberapa salinan tambahan gen selanjutnya bertanggung jawab menciptakan senyawa sulfur, senyawa yang membuat durian memiliki aroma khas.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading