Sukses

Lifestyle

5 Rencana yang Wajib Ada Saat Kamu Ingin Usaha Sampingan

Memiliki usaha sampingan bisa jadi sangat menantang bagi sebagian orang. Pasalnya, biarpun 'sampingan' tapi juga membutuhkan rencana matang sekaligus persiapan yang nggak boleh sembarangan. Jika kamu berencana untuk memiliki usaha sampingan, beberapa rencana ini wajib ada, lho.

Siapkan Tester Untuk Mengetahui Selera Pasar

Saat memulai usaha sampingan, manfaatkan teman dekat dan keluarga sebagai customer pertama. Siapkan tester untuk mengetahui selera pasar. Di sini kamu akan mendapatkan banyak masukan, mulai dari kemasan, produk dan masih banyak yang lainnya. Manfaatkan hal ini untuk memperbaiki kualitas produk yang dimiliki. Jika produk yang dijual berupa fashion, minta teman dekat untuk mencoba memakainya. Lalu, minta ia berkomentar perihal harga dan kenyamanan serta model fashion yang dipakai.

Membagi Waktu dengan Pekerjaan Utama

Biarpun pekerjaan sampingan, bisnis kecil ini nggak boleh mendapatkan perhatian yang hanya setengah-setengah. Atur waktu antara pekerjaan utama dan bisnis sampingan, sehingga bisa berjalan beriringan dan saling melengkapi satu sama lain. Manfaatkan juga waktu weekend untuk lebih fokus pada bisnis sampinganmu ya.

Menjualnya secara Online

Perkembangan bisnis online kini semakin melesat. Nggak ada salahnya kalau kamu juga mencoba berjualan secara online. #MulaiAjaDulu dengan memilih tempat jualan online yang aman serta terpercaya seperti Tokopedia. Dengan pemilihan tempat jualan online yang memiliki nama yang credible, maka makin besar pula peluang produk-produkmu akan dilirik oleh pembeli.

Gunakan Jasa Endorsement

Manfaatkkan nama terkenal selebgram hingga selebriti untuk memasarkan produk yang kamu jual. Pasalnya, setiap postingan dari mereka akan dilihat oleh puluhan ribu followersnya. Hal ini juga memperbesar kesempatan bagi produkmu untuk semakin dikenal.

Konsisten Dalam Membangun Usaha Sampingan

Biarpun usaha sampingan, butuh konsistensi untuk menjalaninya. Pastikan selalu aktif beraktivitas di sosial media, upload produk baru dan membalas setiap komen dan juga pesan dari para konsumen. Dengan konsistensi ini, produkmu akan semakin dikenal luas dan diingat kok!

Ada banyak hal yang perlu kamu pelajari saat ingin membangun bisnis sampingan. Mulai dari tips buka online shop hingga cara pemasaran yang baik. Semoga bisnisnya makin lancar ya!

(kly/tmi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading