Sukses

Lifestyle

Ide Menarik untuk Menata Rumah Menjelang Tahun Baru

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru, agar tahun baru terasa lebih bersemangat ada baiknya mengganti suasana rumah.

Berikut adalah sejumlah ide dekorasi dari AkzoNobel – produsen cat Dulux – untuk membuat tampilan rumah tidak membosankan menjelang liburan dan Tahun Baru. Yuk intip!

1. Gunakan warna-warna berani

Salah satu cara termudah untuk mengganti suasana ruangan adalah melalui permainan warna. Menambahkan sejumlah warna yang berani, baik pada bantal atau dinding, dapat langsung mengubah gaya dekorasi ruangan.

Jika menginginkan tampilan yang lebih meriah, masukkan juga corak yang lebih mencolok seperti emas dan merah tua. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan nuansa berani sebagai warna aksen, baik pada area dinding sebagai titik fokus, atau melalui aksesoris seperti kursi berwarna merah tua (crimson) atau karpet berbahan lembut. Padukan dengan corak putih untuk tampilan elegan atau corak kontras seperti hijau zamrud untuk efek yang dramatis.

Tips: Unduh aplikasi Dulux Visualizer untuk melihat semua warna di dinding secara nyata sebelum memulai pengecatan! Aplikasi ini tersedia secara gratis di Apple App Store atau Google Play Store.

2. Bermain dengan tekstur

Tekstur merupakan elemen yang sering terlupakan dalam proses redekorasi. Padahal, aksesori bertekstur seperti karpet berbulu kasar (shaggy rugs) hingga soft cushion, dapat mengubah suasana ruangan di rumah. Pilihlah tekstur yang terasa nyaman seperti wol atau kain mewah seperti beludru (velvet).

Untuk tampilan yang lebih memukau, gunakan cat efek khusus untuk memberikan tekstur ke dinding rumah.

3. Lakukan pengecatan sendiri: Melapisi dengan cat baru

Lapisan cat baru dapat mengubah suasana kamar menjadi seperti ruangan baru. Meskipun awalnya terlihat sulit, mengecat ruangan dapat menjadi aktivitas yang mudah dilakukan jika dimerencanakannya terlebih dahulu dengan baik.

Berikut adalah panduan langkah yang diberikan oleh para pakar warna Dulux bagi yang ingin mengecat dindingmu sendiri:

1. Tata kamar: Pindahkan furnitur ke tengah ruangan dan tutupi dengan penutup anti debu untuk melindunginya dari tumpahan cat yang tidak disengaja.

2. Gunakan alat yang tepat: Selain kuas cat, rol dan baki, selotip berkualitas baik juga menjadi alat yang penting untuk memastikan proses pengecatan yang bersih dan rapi.

3. Siapkan dinding: Untuk memastikan permukaan yang halus, periksa dinding untuk menemukan lubang atau retakan yang harus ditambal dengan plamur. Siapkan dinding dengan lapisan Dulux Sealer (berbasis air) agar cat baru dapat melekat dengan baik.

4. Mulailah pengecatan: Tandai bagian yang akan dicat dengan selotip. Gunakan kuas kecil dan mulai pengecatan dengan membuat batasan berukuran satu inci di sekitar tepian sebelum mengecat bagian lainnya menggunakan roller. Libur akhir tahun lebih terasa menyenangkan dengan dekorasi rumah yang baru.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading