Sukses

Lifestyle

5 Pengawet Makanan Alami yang Enak dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Agar makanan tahan lama, tentunya kita harus mengawetkan makanan tersebut dengan cara tepat dan sehat. Jangan karena ingin makanan tahan lama lantas kita menggunakan pengawet makanan yang berbahaya buat kesehatan karena mengandung bahan kimia di dalamnya.

Untuk pengawet makanan alami, melansir dari laman blog.paleohacks.com, sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai pengawet alami. Makanan ini adalah makanan yang enak dan juga kaya manfaat. Penasaran makanan enak apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai pengawet alami?

Simak yang berikut ini:

Garam

Bahan makanan pertama yang bisa dimanfaatkan untuk pengawet alami adalah garam. Sejak zaman dulu, garam menjadi bahan pengawet makanan. Kandungan klorida di dalam garam dipercaya bisa membunuh tumbuhnya mikroorganisme, menyerap air pada makanan dan mencegah makanan cepat busuk atau basi. Selain mengawetkan makanan, garam juga bermanfaat memberi rasa sedap pada setiap makanan.

Gula

Gula juga digunakan sebagai pengawet makanan alami sejak zaman dulu. Rasa manis gula akan membuat makanan terasa lebih lezat dan sedap. Gula sendiri bermanfaat mengikat zat air pada makanan sehingga mencegah makanan busuk atau basi.

Kayu Manis Hingga Bawang Putih

Kayu Manis

Bahan makanan selanjutnya yang bermanfaat sebagai pengawet makanan alami adalah kayu manis. Kayu manis bersifat bakteridal hingga mampu menghambat tumbuhnya khamir atau kapang pada makanan dan mencegahnya membusuk atau basi.

Biji Pala

Para ahli mengungkapkan jika biji pala mengandung senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman penyebab rusaknya makanan. Sejak zaman dulu, biji pala digunakan sebagai pengawet alami baik untuk makanan atau bahan-bahan lainnya. Biji pala bahkan bernilai jual sangat tinggi di zaman dulu karena manfaatnya yang luar biasa.

Bawang Putih

Untuk bahan pengawet alami selanjutnya ada bawang putih. Bawang putih bersifat antibakteri dan mengandung antioksidan yang sangat baik dalam menjaga makanan agar tetap berkualitas baik dan tidak rusak. Bawang putih bermanfaat menurunkan pH pada makanan dan mencegah membusuknya makanan karena bakteri atau kuman.

Itulah beberapa pengawet alami yang bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam menentukan pengawet untuk setiap masakan atau makanan yang kita buat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading