Sukses

Lifestyle

5 Makanan Khas Nusantara Jadi Menu Penting Saat Hari Raya Natal

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa hari ke depan, umat Kristiani di seluruh dunia akan sampai pada yang ditunggu-tunggu yakni Hari Raya Natal. Saat Perayaan Natal, tentunya akan ada banyak moment mengesankan. Hari Raya Natal juga menjadi hari yang sangat indah karena di hari ini umat Kristiani bisa juga berkumpul dengan keluarga tercinta.

Di Hari Raya Natal, juga akan ada makanan khas Natal yang disajikan. Jika beberapa hari yang lalu Fimela membahas makanan khas Natal dari berbagai dunia, kali ini Fimela akan membahas makanan khas Natal di Nusantara atau Indonesia. Makanan khas Nusantara ini tak hanya enak tetapi juga sangat penting ada di perayaan Natal. Apa saja makanan tersebut?

1. Ayam Rica-rica (Manado)

Ayam rica-rica menjadi masakan khas Natal di Manado, Sulawesi Utara. Ayam rica-rica memiliki rasa pedas dengan bumbu rempat pekat dan menggugah selera. Biasanya, ayam rica-rica dihidangkan bersama nasi putih hangat dan minuman segar. Karena kelezatannya, ayam rica-rica menjadi salah satu makanan penting di Hari Raya Natal atau hari-hari penting lainnya.

2. Kue Poporcis (Ambon)

Saat merayakan Natal, umumnya masyarakat Ambon akan menyajikan kue poporcis. Kue ini juga disebuat sebagai poffertjes. Dibuat dari labu kuning yang dicampur dengan tepung terigu, kue poporcis sangat lezat dan menggugah selera. Kue ini disukai anak-anak hingga orang tua di Ambon.

3. Lapet (Tapanuli)

Di Tapanuli, Lapet menjadi menu penting di acara perayaan Natal. Lapet merupakan kue tradisional setempat yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut yang kemudian diisi dengan gula merah di dalamnya, Kue ini akan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga benar-benar matang.

4. Pa'piong (Toraja)

Untuk menyambut Natal masyarakat Toraja memiliki festival yang sangat menarik dengan sebutan Lovely December. Acara ini biasa diselenggarakan sejak masuknnya bulan Desember hingga tanggal 26 Desember. Untuk makanan yang biasa disajikan di acara ini adalah Pa'piong. Pa'piong adalah makanan yang dimasak menggunakan bambu dengan bahan utama sayur bulunangko atau pohon pisang muda.

5. Klappertaart (Manado)

Selain ada ayam rica-rica yang menjadi sajian penting di Hari Raya Natal, Manado punya satu lagi sajian yang tak kalah penting. Sajian tersebut adalah kue Klappertaart. Kue ini memiliki rasa manis yang lezat dan biasa disantap sebagai makanan penutup perayaan Natal hingga tutup tahun. Klappertaart terbuat dari kelapa, tepung terigu, mentega, telur, susu, kismis bahkan kacang-kacangan.

Itulah beberapa makanan khas Nusantara yang jadi menu penting aat Hari Raya Natal. Selamat menanti kehadiran Natal buat Sahabat Fimela yang merayakannya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membersihkan Rumah Usai Banjir Jakarta Surut