Sukses

Lifestyle

Tidaklah Egois Bila Sesekali Kita Butuh Waktu untuk Menyepi dan Menyendiri

Fimela.com, Jakarta Stres, tertekan, dan mendapat banyak sekali beban memang bisa membuat hidup kita terpuruk. Menghadapi banyak orang dan banyak hal dalam satu waktu bersamaan bisa menguras energi kita dalam sekejap. Tak hanya tubuh yang lelah, tapi juga hati dan pikiran.

Saat keramaian sudah membuat kita sangat sesak, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu menyepi dan menyendiri. Menyepi tak selalu jadi hal yang egois. Menyendiri bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan sesekali. Bahkan ada waktunya kita butuh waktu untuk menyepi dan menyendiri dalam hidup untuk memulihkan tubuh dan jiwa kita.

Menyepi Membantu Kita Menemukan Sebuah Jalan Keluar

Kadang kita sulit mencari solusi dari sebuah masalah karena pikiran kita terlalu penuh dengan banyak hal. Dengan menyepi, kita akan memberi pikiran kita lebih banyak ruang untuk merenung. Pikiran kita akan lebih terbuka dengan berbagai hal baru yang sebelumnya luput dari pikiran kita. Kita bisa menemukan sebuah jalan keluar dengan menyepi sejenak dari keriuhan hidup.

Menyendiri Bisa Membuat Kita Terhindar dari Drama

Terjebak dalam sebuah drama masalah bisa bikin segalanya makin rumit. Agar terhindar dari drama yang ada, kita bisa menyendiri sejenak. Menjauhkan diri dari orang-orang dan masalah-masalah yang sudah selayaknya kita kesampingkan untuk sementara waktu. Sepintas mungkin terlihat sebagai tindakan egois karena hanya mementingkan diri sendiri. Tapi adakalanya kita butuh waktu untuk bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum siap memberi lebih banyak kebaikan untuk orang-orang di sekitar kita.

“Remember: the time you feel lonely is the time you most need to be by yourself. Life's cruelest irony.” ― Douglas Coupland, Shampoo Planet

Menyepi dan Menyendiri Bisa Menambah Energi Kita

Orang-orang tipe introver khususnya akan selalu butuh ruang untuk menyepi demi mendapatkan energinya. Tapi pada dasarnya setiap orang bakal berada pada titiknya sendiri untuk membutuhkan waktu menyepi dan menyendiri. Menjauh sejenak dari keriuhan dan keramaian memberi waktu otak kita untuk melepas hal-hal yang membebani, kemudian bersiap untuk menciptakan energi baru.

Menjauh dari Keramaian Tak Selalu Jadi Hal yang Egois

Mungkin kita akan dianggap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri saat kita menjauh dari keramaian. Tapi selama kita masih tetap menjalani hidup kita dengan sebaik mungkin dan mendapatkan semangat untuk terus melakukan yang terbaik di hidup ini, maka tidaklah egois jika sekali waktu kita perlu menyendiri.

Kita juga perlu istirahat. Kita kadang butuh waktu untuk menenangkan diri. Kalau Sahabat Fimela sendiri bagaimana? Pada saat atau kondisi seperti apa biasanya paling membutuhkan waktu untuk menyepi dan menyendiri?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading