Sukses

Lifestyle

5 Cara Kembali Percaya Cinta Setelah Berulang Kali Disakiti

Fimela.com, Jakarta Ketika kita sudah berulang disakiti dan dilukai karena cinta, rasanya akan ada ketakutan untuk membuka hati. Trauma masa lalu membuat kita kehilangan kepercayaan akan cinta. Kita merasa cinta tak akan pernah bisa membuat kita bahagia.

Hanya saja kalau kita tak lagi percaya pada cinta, akan sangat sulit bagi kita untuk mengatasi trauma dan menemukan belahan jiwa kita. Meski mungkin awalnya terasa sulit, tapi ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk kembali percaya pada cinta. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini, ya.

1. Terima Masa Lalumu

Semua yang sudah terjadi di masa lalu tak bisa kita hapus begitu saja. Satu-satunya cara untuk berdamai dengan luka dan kesedihan yang ada adalah dengan menerima masa lalu itu. Masa lalu tersebut sudah jadi bagian dari hidup kita. Sehingga, agar bisa melanjutkan hidup dengan hati yang lebih lapang dan bahagia kita perlu menerima kenyataan yang ada.

2. Maafkan Dirimu

Dirimu di masa lalu mungkin pernah melakukan kesalahan-kesalahan bodoh. Mungkin dulu kita pernah mencintai orang yang salah. Atau mungkin pernah dengan naifnya mempertahankan hubungan yang jelas-jelas tidak membuat kita bahagia. Kini, saatnya untuk memaafkan dirimu. Maafkan kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu.

3. Maafkan Orang-Orang yang Pernah Menyakitimu

Berat pastinya untuk memaafkan seseorang yang dulu pernah begitu sadisnya melukai hati kita. Tapi justru ini langkah yang begitu penting untuk hidup kita. Jangan terlalu lama menyimpan dendam dalam dada. Tak perlu menggenggam bara terlalu lama. Memaafkan orang lain tak ubahnya memberi ruang baru dalam hidupmu untuk bisa kembali bahagia.

4. Muliakan Orang-Orang yang Sudah Lebih Dulu Mencintaimu

Saatnya untuk berusaha lebih keras membuat kedua orangtua kita bahagia. Saatnya untuk memberi lebih banyak cinta untuk sahabat dan teman-teman yang sudah lebih dulu ada untuk kita. Muliakan orang-orang yang sudah lebih dulu mencintai kita. Dengan begini, kita akan kembali disadarkan bahwa cinta itu indah dan membuat kita kembali percaya padanya.

5. Izinkan Diri Menerima Seseorang yang Baru

Kini saatnya melangkah ke fase kehidupan yang lebih baik. Izinkan diri menerima seseorang yang baru. Tak perlu terburu-buru. Jika memang masih belum benar-benar bisa menerima seseorang yang baru, setidaknya izinkan diri untuk bisa mengenalnya. Ciptakan ruang baru di hati agar bisa menerima cinta kembali.

Menyembuhkan trauma disakiti atau dilukai karena cinta memang bakal butuh waktu. Ada proses yang perlu dilewati. Terlepas dari semua itu, kita tetap punya hak dan tetap layak untuk bisa mendapatkan cinta kembali yang lebih indah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading