Sukses

Lifestyle

Cara Menyimpan Sayur yang Sudah Direbus Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Agar tubuh sehat dan nutrisinya tercukupi, sayuran sebaiknya tak pernah lewat dari daftar menu kita sehari-hari. Mengonsumsi sayur tak hanya membuat tubuh sehat tetapi juga bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi, jika sayuran tersebut masih segar dan rasanya khas.

Adapun sayuran yang bisa dikonsumsi ada bermacam-macam. Mulai dari sayur sawi, sayur bayam, wortel, kol atau kubis, tauge, kacang panjang dan masih banyak lagi. Mengenai sayur, jika tak suka sayur yang dimasak kuah bening, bobor atau gulai, kita bisa mengonsumsi sayur yang hanya direbus. Sayur rebus memiliki nutrisi yang lebih baik dan bisa disimpan untuk waktu cukup lama tanpa basi.

Untuk menyimpan sayur yang sudah direbus agar tidak mudah basi dan tahan lama, begini caranya.

  1. Pilih sayur yang masih segar dan berkualitas bagus. Sayur yang masih segar warnanya lebih hijau dan teksturnya lebih segar.
  2. Sebelum diolah cuci sayuran hingga benar-benar bersih di bawah air mengalir.
  3. Potong-potong sayuran sesuai selera. Kalau tidak suka dengan getah pada sayuran, kita bisa mencuci kembali sayuran yang sudah dipotong sebentar saja.
  4. Rebus sayur dengan api sedang hingga matang atau sesuai selera. Saat merebus sayur ini, usahakan untuk menambahkan sedikit garam atau minyak agar warna sayur tetap hijau dan matangnya merata.
  5. Angkat sayur yang telah direbus, tiriskan hingga benar-benar dingin.
  6. Jika ingin menyimpan sayur yang sudah direbus ini dalam waktu cukup lama, simpan sayur di dalam toples atau kotak makanan kedap udara dan simpan di lemari es.
  7. Jika sayuran yang direbus tak hanya satu jenis sayuran, pastikan untuk menyimpan sayuran sendiri-sendiri alias sesuai jenisnya.
  8. Hindari menyimpan berbagai jenis sayuran matang dalam satu wadah yang sama karena ini akan membuat sayur cepat basi, rasanya berubah dan tekturnya tak lagi sama.
  9. Sebaiknya, sayur yang sudah direbus tidak disimpan di lemari es lebih dari 2 hari. Sayur matang yang disimpan dalam waktu terlalu lama akan mengalami penurunan nutrisi dan rasanya tak lagi enak.
  10. Hindari juga menyimpan sayur yang sudah direbus bersama bumbu sayur (baik itu bumbu pecel atau pun bumbu urap). Menyimpan sayur bersama bumbunya hanya akan membuat sayur cepat basi dan rasanya tak lagi menggugah selera.

Itulah cara menyimpan sayur yang sudah direbus agar tidak mudah basi dan tahan lama. Semoga informasi ini bemanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Agar Putih Telur Bisa Mengembang, Ini Kuncinya Agar Berhasil
Artikel Selanjutnya
Ini Jangka Waktu Telur Rebus Bisa Disimpan di Kulkas Setelah Matang