Sukses

Lifestyle

Filosofi Dibalik Isi Seserahan Pernikahan I

Ladies, seserahan Anda yang begitu rupa itu bukan hanya sekedar tumpukan hadiah dari calon suami belaka, lho. Penasaran nggak sih dengan maksud dan filosofi dibalik tiap isi seserahan pernikahan ini?

Dilangsir dalam weddingku.com, prosesi seserahan itu sendiri merupakan perlambang kesanggupan dan kesediaan calon suami dalam memenuhi kebutuhan calon istrinya dalam kehidupan rumah tangga mereka kelak. Nah, ternyata, tiap kategori seserahan ini mengandung makna yang begitu dalam, lho.

1. Sirih wangi
Disebut juga dengan suruh ayu, daun-daunan khas seserahan ini, menurut bimbingan.org, bermakna mendoakan keselamatan sang calon pengantin.

2. Seperangkat pakaian
Pakaian merupakan salah satu isi hantaran yang wajib, yang meliputi busana dari ujung kepala (untuk yang berjilbab), hingga sepatu yang menutupi ujung kaki. Bagaimana tidak, seperti yang dijelaskan dalam souvenirnikah.web.id, seserahan yang satu ini melambangkan kemampuan calon pengantin dalam menjaga rahasia, kesucian, dan kesakralan pernikahan mereka. Pakaian ini juga berarti bahwa sang calon pengantin tidak akan mudah mengumbar masalah pasangan mereka.

3. Perlengkapan mandi dan make-up
Seperangkat perawatan tubuh ini maknanya cukup jelas, Ladies. Sebagai istri, Anda diharapkan dapat menjaga keindahan tubuh dan penampilan Anda untuk suami kelak. Sang mempelai pria pun, sebagai suami, bisa menjamin keindahan penampilan istrinya dengan menyediakan perlengkapan perawatan tubuh dan kosmetik yang cukup.

4. Seperangkat Alat Ibadah dan Kiab Suci
Seserahan ini merupakan bentuk simbolis kemampuan suami dalam memimpin dan memandu istrinya sesuai tuntunan agama mereka. Hal ini juga menunjukkan bahwa suami memikul pertanggungjawaban dunia dan akhirat terkait dengan kehidupan beragama sang istri.

Lantas, bagaimana dengan arti isi seserahan lainnya? Temukan informasinya dalam kelanjutan artikel ini ya, Ladies!

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

 

 

 

 

(vem/ver)
Loading
Artikel Selanjutnya
Belanja Isi Seserahan Pernikahan, Ikuti Tips Berikut Ini III
Artikel Selanjutnya
Filosofi Dibalik Isi Seserahan Pernikahan II