Sukses

Lifestyle

5 Makanan Khas Jawa Timur yang Enaknya Juara

Fimela.com, Jakarta Musim liburan telah tiba. Sahabat Fimela liburan ke mana nih? Bicara mengenai liburan apalagi di luar kota, rasanya kurang afdol jika liburan tidak sekalian digunakan untuk berwisata kuliner. Masing-masing daerah di Indonesia sendiri memiliki kekayaan kuliner yang berbeda-beda antara satu daerah dengan lainnya. Perbedaan di sini tak hanya soal jenis kuliner tetapi juga rasa dan aromanya.

Buat Sahabat Fimela yang berencana atau sedang melakukan liburan di kota-kota di Jawa Timur, pastikan untuk mencoba menikmati makanan khas Jawaturan yang lezat, menggugah selera dan juara ya. Kira-kira apa saja makanan khas Jawa Timur yang memiliki kelezatan juara? Simak yang berikut ini.

1. Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang kelezatannya sudah mendunia. Rawon merupakan sup daging dengan bumbu masakan rempah lengkap dan berkuah hitam. Kuah hitam pada rawon didapat dari bumbu dapur bernama kluwek. Rawon biasa disantap bersama nasi putih, sambal dan kerupuk udang. Hampir di semua kota di Jawa Timur kita bisa menemukan menu rawon dengan mudah.

2. Rujak Cingur

Banyak yang bilang bahwa rujak adalah saladnya orang Jawa. Ya, rujak cingur merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran rebus dan disiram dengan saus kacang yang diberi petis, gula merah dan asam jawa. Sesuai namanya, dalam sajian rujak cingur ada tambahan cingur sapi atau mulut sapi. Dalam sajian rujak juga ada irisan buah (nanas, mangga, bengkuang, kedondong), irisan tahu dan tempe goreng bahkan lontong. Kalau ke Surabaya, wajib mencoba kuliner ini ya.

3. Rujak Soto

Rujak soto merupakan kuliner yang berasal dari Banyuwangi. Rujak soto adalah kuliner dari kombinasi rujak dan soto kuning. Gurihnya soto dan segarnya rujak membuat kuliner ini memiliki rasa yang unik tapi tetap menggugah selera dan juara.

4. Nasi Krawu

Jika Sahabat Fimela liburan ke Gresik, cobalah untuk menikmati kuliner Jawa Timur bernama nasi krawu. Nasi krawu terdiri dari nasi putih hangat dengan lauk daging sapi atau jeroan sapi, serundeng dan sambal terasi. Walau kelihatannya sajian ini sajian sederhana, jangan salah. Sajian ini sangat lezat dan menggugah selera.

5. Ayam Lodho

Berlibur ke Jawa Timur tepatnya ke Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya, wajib nih buat mencoba kuliner bernama ayam lodho. Ayam lodho adalah ayam kampung yang diolah secara khusus sehingga menghasilkan masakan lezat, gurih, pedas dan nendang. Dalam pengolahannya, ayam lodho harus dipanggang lebih dulu kemudian direbus bersama bumbu rempah juga santan dalam waktu cukup lama. Ayam lodho biasa disajikan bersama nasi putih hangat dan sayur urap.

Itulah beberapa kuliner khas Jawa Timur yang enaknya juara. Selain kuliner di atas, kuliner Jawa Timur lainnya ada soto Lamongan, pecel lele, nasi pecel khas Blitar, lontong balap khas Surabaya, kare rajungan khas Tuban dan masih banyak lagi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading