Sukses

Lifestyle

Apa Itu Philemaphobia?

Dear Ladies, berciuman dengan pasangan tentu adalah suatu hal yang menyenangkan bukan? Ciuman sudah lama dijadikan simbol mengungkapkan rasa kasih sayang kepada orang terkasih, termasuk keluarga. Namun percayakah Ladies bahwa di dunia ini ada orang – orang yang tidak menikmati ciuman dan bahkan merasa takut untuk melakukannya?

Yap, orang seperti itu memang benar – benar ada. Mereka adalah para penderita philemaphobia. Apa itu philemaphobia? Yuk cari tahu lebih lanjut.

Mengutip situs fearofstuff.com, philemaphobia atau yang juga bisa disebut philematophobia adalah suatu phobia atau ketakutan parah terhadap ciuman. Dijelaskan lebih lanjut bahwa ketakutan ini bisa dikategorikan sebagai ketakutan untuk bercinta. Apa penyebab kelainan ini?

Kelainan philematophobia atau ketakutan terhadap ciuman bisa timbul dari pola asuh yang diterapkan orang tua. Pola asuh yang dimaksud adalah pola mengasuh anak yang menjelaskan setiap kontak fisik dianggap sebagai sesuatu yang “kotor”.

Beberapa orang tua mungkin dengan salah menyampaikan pendidikan seksual kepada anak – anak mereka. Penjelasan bahwa berciuman adalah penyebab kelahiran adalah salah satu contohnya. Nah, jika konsep tersebut telah tertanam di benak anak sejak ia kecil hingga dewasa, bisa jadi dia akan tumbuh sebagai seseorang yang takut berciuman.

So Ladies harus berhati – hati dalam setiap penjelasan yang Ladies berikan ke anak. Jangan sampai maksud baik Ladies mendidik anak menjadikan dia seseorang dengan kelainan atau phobia terhadap obyek tertentu.

 

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/riz)
Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tanda Kematian Akan Menjemput