Sukses

Lifestyle

Mitos Salah Tentang HIV yang Perlu Anda Ketahui

Ladies, masih sedikitnya pengetahuan kita akan penyakit HIV membuat kita mudah percaya dengan mitos dan informasi yang salah tentang penyakit yang saat ini masih belum ada obatnya tersebut. Nah, di antara beberapa mitos yang Anda percaya, ternyata banyak loh yang hanya merupakan isapan jempol belaka.


Berikut adalah beberapa mitos mengenai HIV yang perlu Anda ketahui seperti yang telah dilansir dari situs hpb.gov.sg ini. Simak baik-baik untuk pengetahuan Anda ya, Ladies!

Salah satu mitos yang dipercaya oleh kebanyakan masyarakat, terutama bagi pasangan pengidap HIV adalah bahwa mereka tidak perlu lagi menggunakan kondom atau alat pengaman yang lain. Namun, menurut situs yang sama, hal ini adalah sangat salah, Ladies!

Alasannya, meskipun Anda dan pasangan sudah mengidap penyakit HIV, penyakit ini masih mempunyai beberapa jenis dan tingkatan. Jika Anda tidak melakukan safe sex dengan pasangan, maka Anda dan pasangan kemungkinan besar akan saling bertukar virus HIV dengan tingkatan dan jenis yang berbeda.

Nah, hal inilah yang akan membuat penyakit Anda semakin bertambah parah. Selain itu, jika Anda dalam masa perawatan, bertambahnya jenis virus HIV di tubuh Anda akan membuat perawatan Anda semakin sulit untuk dilakukan dan kurang efektif.

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa tertular penyakit HIV/AIDS seperti menerima hukuman mati. Informasi ini pun ternyata juga salah loh, Ladies!

Pasalnya, meskipun penyakit ini belum ada obatnya, namun banyak orang yang menjalani perawatan sehingga mereka dapat hidup lama dan bahkan menjadi manusia yang produktif seperti layaknya orang lain.

 

Oleh: Nicko Putra Witjatmoko

(vem/riz)
;
Loading