Sukses

Lifestyle

Vaginismus: Definisi dan Pemahamannya

Ladies, pernahkah anda mendengar istilah vaginismus? Vaginismus adalah suatu keadaan dimana liang Miss V mengalami pengejangan ketika akan dimasuki objek tertentu seperti Mr.P. Pengencangan ini akan menyebabkan rasa sakit dan akan menutup jalan masuk Miss V. Rasa sakit yang dialami juga bisa bervariasi dari ringan sampai seperti terbakar.

Seperti yang terlansir dari laman sogc.org, ada beberapa tingkatan vaginismus, yaitu vaginismus primer, sekunder, global dan situasional. Wanita yang menderita vaginismus biasanya berpikir bahwa ukuran liang Miss V nya terlalu kecil dan perlu diregangkan.

Padahal, faktanya ukuran liang Miss V nya tidak kecil, melainkan otot-otot di sekitar Miss V lah yang tidak bisa dikontrol. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang menderita vaginismus. Antara lain, trauma seks masa lalu, masalah psikologis, dan ketidaknyamanan yang pernah dialami ketika melakukan hubungan seksual.

Otot kejang yang dialami penderita vaginismus dapat dibandingkan dengan menutupnya mata kita bila ada objek yang mendekatinya. Mata kita menutup ketika ada objek yang mendekat sebagai suatu bentuk perlindungan.

Sama halnya yang terjadi dengan penderita vaginismus, yang secara tidak sadar akan mengencangkan otot Miss V nya manakala ada objek seperti Mr.P yang akan mencoba masuk. Otot kejang inilah yang menimbulkan rasa sakit dan memberikan kesan pada penderita bahwa ukuran liang Miss V nya terlalu kecil atau sempit.

 

Oleh: Ardisa Lestari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading