Sukses

Lifestyle

Mengungkap Kepribadian dari Mengatur Inbox Email, Seperti Apa Dirimu?

Fimela.com, Jakarta Membuka email kantor atau email pribadi sepertinya sering dilakukan setiap orang setiap hari. Entah itu urusan pekerjaan atau pribadi, banyak orang akan menggunakan email dan melihat inbox.

Tapi tahukah bahwa ternyata cara kita mengatur inbox email juga bisa mengungkap kepribadian? Dilansir dari Business Insider, ahli psikologi mengungkapkan bahwa setiap orang punya kebiasaan berbeda mengatur kotak masuk email, dan bisa dibedakan menjadi tiga, yaitu deleter, saver, dan ignorer.

1. Tipe Deleter

Ini adalah tipe yang suka menghapus email setelah membaca atau melihatnya. Ketika ia pikir email itu masih penting dan digunakan, ia tak akan menghapusnya. Jika dirasa sudah tak berguna lagi, ia segera mengapus atau meng-archive email-email tersebut.

Ahli psikologi penelitian Larry Rosen, PhD., mengungkapkan bahwa tipe deleter adalah orang yang punya keinginan besar memegang kendali dan aturan akan hidupnya. Ia tipe yang ringkas, oleh karena itu ia merasa risih ketika melihat banyak email di inbox, baik yang sudah dibaca maupun yang belum.

2. Tipe Saver

Tipe saver biasanya rajin membaca email. Ia memiliki sedikit email yang belum dibaca, namun tak segera menghapus email-email tersebut. Menurut direktur Media Psychology Research Center, Pamela Rutledge, Ph.D, tipe yang menyimpan semua pesan adalah orang yang cenderung perfeksionis.

Ia berpikir bahwa ada kemungkinan ia akan membutuhkan email-email tersebut di kemudian hari, jadi ia tidak langsung menghapusnya. Orang tipe ini biasanya juga memiliki daftar panjang hal untuk dilakukan meski sebenarnya tidak begitu berguna.

3. Tipe Ignorer

Ini tipe orang yang sering mengabaikan email. Ia tidak merasa terganggu dan peduli apakah harus menghapus atau menyimpannya. Ia membiarkan inbox seperti apa adanya. Menurut Ron Friedman, Ph.D., orang seperti ini biasnaya kewa;ahan dengan hidupnya. Ada banyak hal yang perlu dilakukan atau ingin dilakukannya.

Kemungkinan ia juga cerdas karena merasa menyusun email-email itu tidak begitu penting atau hanya membuang-buang waktu dibandingkan hal lain yang menurutnya lebih penting.

Itu dia kepribadian seseorang yang bisa diungkap dari caranya mengatur inbox email. Manakah tipe kepribadianmu?

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Menggantungkan Harapan, Awas Kena Friendzone 4 Zodiak Ini!
Artikel Selanjutnya
Selalu Bilang Baik-Baik Saja, 4 Zodiak Ini Suka Sembunyikan Masalahnya