Sukses

Lifestyle

Mengenal Jenis Udang yang Biasa Dijadikan Sajian Masakan (II)

Udang merupakan salah satu kuliner yang lumayan banyak penggemarnya. Jenisnya pun juga bermacam-macam. Dalam artikel sebelumnya telah dipaparkan beberapa jenis udang yang biasa dijadikan sajian. Seperti lobster, udang flower, udang dogol, dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam artikel ini akan dilanjutkan kembali mengenai ulasan tersebut sebelumnya seperti yang dilansir dalam laman www.femina.co.id yang mengulas mengenai macam-macam jenis udang yang biasa dijadikan sajian masakan.

-Udang jerbung atau yang disebut juga dengan udang putih atau white shrimp. Udang yang memiliki istilah latin penaeus merguiensis ini berwarna putih kekuningan dengan bintik hijau, atau berwarna putih kemerahan. Kulitnya tipis dan licin. Jenis udang ini juga beragam ternyata Ladies, yang termasuk jenis udang ini adalah:

>Udang bambu yang berkulit kuning berbercak merah seperti bambu dan bernama dagang bamboo shrimp. Karena coraknya yang seperti bamboo, oleh karena itu disebut dengan udang bamboo.

>Selanjutnya adalah Udang peci. Udang jenis ini memiliki warna kulit yang lebih gelap dan berbintik hitam. Akan tetapi, meskipun warnanya gelap, anehnya dalam pasaran internasional udang ini juga disebut dengan white shrimp.

>Udang pisang, disebut demikian karena warnanya yang kuning seperti pisang Ladies. Udang ini juga terkenal dengan sebutan banana shrimp.

-Udang kucing atau disebut juga dengan cat praw. Ukurannya kecil dan berwarna hijau dengan garis-garis melintang kuning dan putih. Namun, ada juga yang berwarna kuning dengan garis melintang cokelat dan putih.

-Udang pancet atau udang windu yang populer disebut tiger shrimp. Kulitnya tebal dan keras, warnanya hijau kebiru-biruan dengan garis melintang agak gelap. Selain itu ada juga yang berwarna kemerah-merahan dengan garis melintang cokelat kemerahan.

-Udang sikat atau kipas yang bentuknya mirip lobster tapi ukurannya lebih kecil. Kulitnya berwarna kecokelatan bergaris-garis melintang, lebih lunak serta agak kasar. Nama dagangnya terkenal sebagai baby slipper lobster.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading