Sukses

Lifestyle

Tips Mahasiswa Baru: Communicate and Get Along with Your Roommates

Hidup dalam dunia perkuliahan membutuhkan banyak penyesuaian, tak hanya pada jadwal kuliah yang tak menentu, waktu kuliah yang tidak umum, serta tugas dan materi perkuliahan yang semakin berat, namun juga pada perilaku dan pola pikir dalam bergaul. Biasanya, mahasiswa berasal dari berbagai daerah, baik dalam kota hingga luar pulau. Nah, gaya hidup dan pola pikir yang dimiliki pun tentu berbeda dengan kita nih, Ladies. Belum lagi jika harus tinggal dalam satu atap sebagai roommates di kos atau asrama. Untuk menghindari berbagai konflik atau hal negatif lain yang mungkin muncul, hal utama yang harus dilakukan dalam tahap penyesuaian tersebut adalah dengan get along with your roommates atau berbaik-baik dan kenalilah teman sekamar Ladies dengan baik. Ciptakan suasana kondusif, rukun, dan kompak.

Tapi, proses untuk mencapai keadaan seperti itu tak mudah juga Ladies. Masih untung jika Ladies tinggal dengan orang yang berasal dari pandangan dan keadaan yang sama. Lantas, bagaimana jika awalnya tak saling kenal dan berasal dari background yang berbeda?

Dilangsir dari powertochange.com, menurut Paul Bradley, seorang dekan dari Northwestern College di Saint Paul, langkah utama untuk mendapatkan hal tersebut adalah melalui komunikasi. Ya, komunikasi tidak hanya sekedar lewat jejaring sosial atau aplikasi-aplikasi chatting yang kini sedang marak nih Ladies. Biasanya, saat kebutuhan dan tugas perkuliahan sudah mulai padat, masing-masing akan disibukkan dengan aktivitas tertentu sehingga asrama atau tempat kos hanya berfungsi sebagai tempat singgah untuk tidur saja dan komunikasi dengan teman sekamar pun kian menurun. Namun, ini contoh yang salah Ladies. Sempatkanlah waktu untuk sekedar berbagi cerita, misalnya mengenai kesibukan masing-masing, kendala atau kesenangan-kesenangan tertentu. Ajak roommate-mu hang out dan bersenang-senanglah sambil menghilangkan kepenatan sebelum kembali ke aktivitas rutin. Selain bermanfaat untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh yang lelah, hal tersebut juga dapat memupuk kebersamaan dengan roommates. Meski aktivitas semakin memadat, hubungan dengan teman sekamar pun tidak terganggu.

Kelancaran komunikasi juga berpengaruh terhadap proses penarikan solusi jika missal terjadi masalah. Dengan komunikasi yang baik dan sikap saling memahami dan menghormati, masalah yang muncul atau kesalahpahaman yang timbul pun akan mudah diatasi. Benarkah seperti itu?
Pertanyaannya, pernahkah Ladies memiliki masalah dengan orang lain dan memilih bersikap diam untuk menghindari masalah yang mungkin lebih rumit? Apakah hal itu benar-benar efektif menyelesaikan masalah dan memberikan solusi yang adil? Perlukah berdiskusi dan berkomunikasi lebih lanjut demi menemukan solusinya? Nah, untuk keterangan lebih lengkapnya, simak artikel selanjutnya ya Ladies.

Oleh: -rhm-

(vem/ver)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Beristirahat Cukup Sama Pentingnya dengan Bekerja Keras
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Merasa Belum Menemukan Pekerjaan yang Tepat