Sukses

Lifestyle

Kenali Potensi Masalah dengan Keluarga Pasangan (Ilmu Sebelum Menikah)

Ladies, setelah lama saling kenal dengan pasangan, sekarang Anda yakin bahwa Anda sudah siap menikah. Anda sudah paham betul konsekuensi apa saja yang mungkin akan Anda hadapi saat sudah menikah nanti. Lalu, Anda dan pasangan akhirnya mantap untuk berjalan bersama keluar dari dunia lajang dan memasuki dunia baru berdua.

Tapi nih Ladies, semoga Anda tidak keburu-buru, yah, sebab ada dimensi lain yang perlu Anda pelajari selain dimensi keluarga kecil yang berisi Anda dan suami Anda. Apalagi nih kalau bukan dimensi keluarga besar Anda dan suami yang tak jarang memicu masalah ke dalam rumah tangga baru Anda nanti.

Sebagaimana disalir dari laman Newlyweds.about.com, ada setidaknya tiga masalah yang melibatkan keluarga Anda atau suami Anda, Ladies. Ingat, masalah berikut mungkin saja muncul, bukan berarti pasti; just to make you aware.

Pertama, tak jarang keluarga dari pasangan Anda akan masuk dalam kehidupan rumah tangga baru Anda nantinya. Contohnya nih ketika Anda menikah dengan pria yang memiliki adik perempuan yang menempuh pendidikan tak jauh dari rumah baru Anda, maka akan sangat mungkin dia turut tinggal di sana.

Nah Ladies, yang akan jadi masalah adalah kurangnya privasi dalam rumah tangga Anda. Sekalipun saudara pasangan Anda tidak pernah ikut campur atas urusan rumah tangga Anda – atau dia hanya sekadar numpang tinggal di sana – Anda tetap akan merasa tak leluasa membahas masalah apapun dengan suami. Terlebih lagi Anda harus menjaga sikap bahwa Anda bisa menerima kehadirannya apa adanya; iuh!

Masalah kedua cukup umum, yakni ketika mertua Anda posesif dan cukup ikut campur dalam rumah tangga Anda. Tak bisa dielakkan memang jika tujuannya sangat mulia, yakni mereka ingin membantu Anda menyusun rumah tangga agar tidak berantakan, namun Anda pasti merasa diintai setiap saat dan tak bebas membuat keputusan.

Seandainya pun mertua Anda hanya datang tanpa ikut membuat keputusan apapun, bisa saja dia menilai dengan sinis bahwa Anda kurang mampu menjaga anaknya sebagaimana ia telah menjaga anaknya sendiri. Wah Ladies, ribet.

Dan masalah yang terakhir adalah saat Anda tak terlalu disukai oleh keluarga pasangan Anda. Hal ini mungkin terjadi karena mereka mengetahui bagaimana masa lalu Anda dan karakter Anda yang tak mereka suka. Hal yang demikian bisa membuat mereka selalu berburuk sangka pada Anda, Ladies.

Wah, jika sudah begini, posisi pasangan Anda bisa terjepit antara perannya sebagai anggota keluarga besar atau perannya sebagai suami Anda yang seharusnya membuat rumah tangga tetap aman dan nyaman.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading