Sukses

Lifestyle

Salah Eja Dalam Penulisan CV Pengaruhi Peluang Interview

Kalau Anda sedang merencanakan untuk mencari pekerjaan, tentunya Anda perlu mempersiapkan CV (curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup. Sebaiknya Anda tidak membuat CV dengan tergesa-gesa, Ladies, karena dokumen ini bisa menjadi kunci diterimanya Anda di sebuah perusahaan. Luangkan waktu untuk kembali memeriksa apa yang sudah Anda tuliskan dalam CV.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memasukkan lembaran CV ke dalam amplop lamaran pekerjaan:

1. Cetak dan cek ulang hari berikutnya

Setelah Anda selesai membuat atau memperbarui CV, sebaiknya Anda tidak langsung kembali membacanya untuk memeriksa ulang. Tinggalkan untuk sementara waktu, mungkin sekitar satu atau dua hari. Kemudian cek ulang CV yang Anda buat itu dengan seksama. Biasanya, Anda akan menemukan bahwa ada kesalahan atau kekurangan kecil yang harus diperbaiki.

Bila perlu, cetak CV yang Anda buat di komputer. Umumnya, kesalahan-kesalahan penulisan akan lebih jelas terdeteksi setelah dokumen dicetak daripada dibaca pada monitor komputer. Sekaligus untuk menghemat kertas, gunakan kertas bekas dokumen salah cetak.

2. Minta bantuan

Mungkin Anda sudah berulang kali membaca CV yang Anda buat, namun masih belum yakin apakah sudah tidak ada yang perlu diperbaiki. Nah, kenapa tidak meminta bantuan orang lain (yang memiliki kemampuan berbahasa dengan baik atau yang cukup berpengalaman) untuk memeriksa ulang CV Anda? Tanyakan juga pendapatnya mengenai keseluruhan penampilan CV tersebut.

3. Periksa dengan detil

Bagian apa saja dari CV yang perlu Anda periksa ulang? Semuanya. Seperti dilansir dalam www.careersavvy.co.uk, periksa apakah Anda sudah menuliskan nomor telepon dan alamat surat elektronik (email) dengan benar. Cek kembali informasi (terutama tanggal) yang Anda tuliskan mengenai riwayat pendidikan atau pekerjaan.

4. Periksa ejaan, tanda baca, dan kapitalisasi.

Apapun bahasa yang Anda gunakan untuk menulis CV, sebaiknya jangan sampai lupa untuk kembali memeriksa ejaan, tanda baca, termasuk kapitalisasi. Tampaknya sepele, tetapi jika Anda tidak cukup teliti, kesalahan kecil ini bisa membuat pihak perusahaan menilai Anda adalah orang yang kurang cermat dalam bekerja. Wah, sayang kan kalau kehilangan kesempatan wawancara hanya karena kesalahan sepele!

Terutama jika Anda menggunakan bahasa Inggris, jangan terlalu mengandalkan komputer Anda untuk melakukan spelling check. Tetap periksa ulang setiap ejaannya dengan teliti.

4. Manfaatkan template

Nah, untuk meminimalisir kesalahan atau ketidaklengkapan CV, Anda bisa memanfaatkan beberapa pilihan template atau format CV. Cara ini juga sekaligus menghemat waktu karena Anda cukup melengkapi bagian-bagian CV yang sudah disediakan, tanpa harus khawatir ada hal yang terlewatkan.

Oleh: Puteri Krisnasekar

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading