Sukses

Lifestyle

10 Makanan untuk Diabetes yang Ampuh Jaga Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Penderita diabetes memang tidak boleh makan sembarangan. Pola makan yang sehat harus diterapkan setiap hari dan nutrisinya diperhatikan. Tidak boleh banyak karbohidrat dan sebisa mungkin tidak makan dan minum apapun yang tinggi gula.

Dilanisr dari Healthline, ini sekian makanan untuk diebetes yang bisa menjaga kadar gula darah sehat.

  1. Ikan : Lemak sehat ikan baik untuk penderita diabetes. Ikan apa pun bisa dimakan dengan porsi secukupnya, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Terlebih lagi ikan tak mengandung gula.
  2. Sayuran hijau: PIlih sayuran seperti kangkung, sawi, pokchoy, brokoli, selada, kale dan lain sebagianya. Seratnya akan membantu menruunkan kadar gula darah dan kolesterol.
  3. Kayu manis: Menambahkan kayu manis dalam minuman atau masakan bisa membantu menjaga kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin darah.
  4. Telur: Bukan hanya sumber portein, tapi juga lemak sehat. Telur bisa dikonsumsi setiap hari karena membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga gula darah diabetes.
  5. Chia seed: Biji kecil ini tinggi antioskdian dan sangat baik menjaga gula darah diabetes dan mempertahankan kekebalan tubuh. 
  6. Kunyit: Kunyit memiliki efek obat yang menyembuhkan, dan lebih baik lagi dalam menguatkan imun tubuh penderita diabetes.
  7. Yogurt: Pilih plain yogurt atau greek yogurt yang tanpa rasa tau tambahan apa pun. Menjaga pencernaan baik dan menjaga kondisi tubuh yang mudah lelah.
  8. Kacang-kacangan: Kacang apa pun lebih baik ketimbang buah manis. Kacang tinggi serat dan mampu membuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Apalagi kacang rendah gula dan kalori.
  9. Bawang putih: Bawang putih menyimpan antiokasidan tinggi yang mampu menjaga kadar gula darah dan mengurangi infalmasi dalam tubuh penderita diabetes.
  10. Strawberry: Buah strawberry adalah salah satu buah dengan kadar gula rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

Itu dia beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi orang yang memiliki diabetes. Selalu pastikan makanan kaya serat dan rendah gula.

Loading
Artikel Selanjutnya
Diabetes di Usia Muda, Ketahui 4 Makanan yang Aman untuk Kesehatanmu
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya