Sukses

Lifestyle

Ini Kata Pakar Tentang Apa yang Sebaiknya Tak Digunakan Saat Job Interview

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, semangat baru. Tak jarang seseorang mengisinya dengan rencana-rencana dan target baru, misalnya; ganti kantor. Alhasil, pergantian tahun diisi dengan job interview sana sini.

Sahabat Fimela mengalami masa-masa tersebut di tahun ini? Jangan lupa persiapkan diri sebaik-baiknya agar jalan untuk mewujudkan resolusi tahun barumu mulai terbuka. Salah satu yang bisa diwujudkan untuk mewujudkan rencana pindah kantor, yakni dengan menunjukkan performa yang OK ketika job interview.

Selain skill dan attitude, apa yang kamu kenakan saat interview juga memberi nilai cukup signifikan. Pikirkan baik-baik apa yang akan kamu kenakan di hari pentingmu itu, ya!

Dilansir dari HuffingtonPost, sejumlah pakar membagikan tips dari perspektif mereka sebagai interviewer, tentang bagaimana penampilan kandidat job interview yang bisa mencuri simpati mereka.

 

Salah satu yang paling dihindari adalah flip-flops atau sandal terbuka. "Itu terjadi dan merupakan hal tergila, dan saya tidak mengerti," kata Andy Limpus, director of talent acquisition at Penske Media Corporation. Laurel Pantit, editorial and fashion director at Covoteur juga mengatakan, "(untuk pria) aku tidak akan pernah bilang "iya" pada sandal terbuka. Untuk perempuan, sandal terbuka mungkin baik-baik saja dengan cuaca yang tepat."

Pahami Posisi yang Dilamar

Hanya ada satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, manfaatkanlah hal tersebut dengan sebaik-baiknya. Jika perlu mengacak-acak lemari guna mendapatkan look terbaik, lakukanlah! Pikirkan posisi apa yang dilamar, sebab itu bisa memengaruhi penampilan.

"Jika saya mewawancara seseorang untuk tim kreatif dan mereka duduk di hadapan saya mengenakan setelan jas, saya akan berpikir mereka tidak mengenal kami," ujar Limpus lagi, dikutip dari HuffingtonPost. Limpus menambahkan, untuk posisi tim kreatif sebaiknya tampil lah lebih fashionable dan kreatif, sesuai dengan karakter dan gayamu.

Penting bagi para kandidat interview untuk menunjukkan bahwa mereka merepresentasikan calon pekerjaan maupun perusahaannya dengan tepat. Untuk pilihan aman, bisa gunakan blazer dan blouse. Jangan ragu untuk bertanya pada tim rekrutmen apa pakaian yang harus dikenakan atau cari tahu lebih jauh iklim perusahaan tersebut lewat media sosialnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading