Sukses

Lifestyle

Akibat Kurang Tidur, Perempuan Berisiko Terkena Penyakit Ini

Fimela.com, Jakarta Akibat kurang tidur rupanya bisa memicu munculnya sejumlah penyakit. Bila kondisi kurang tidur dibiarkan terlalu lama tanpa ada tindakan pencegahan atau penanganan yang tepat, risiko terkena penyakit berbahaya akan menghantui. Apalagi perempuan memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan kesehatan daripada pria bila kurang tidur.

Dilansir dari webmd.com, penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang sering kurang tidur berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan daripada pria. Para peneliti di Duke University Medical Center yang dikepalai oleh Edward Suarez, Ph.D., menyebutkan bahwa perempuan yang memiliki kebiasaan tidur tidak sehat berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, diabetes tipe II, dan depresi. Secara umum memang kurang tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan, terlepas dari masalah gender. Namun, perempuan dianggap memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan akibat kurang tidur karena ada pengaruh hormon dalam tubuhnya.

Berisiko Terkena Hipertensi, Diabetes Tipe II, dan Depresi

Perempuan yang kesulitan tidur nyenyak pada malam hari memiliki protein C reaktif yang lebih tinggi. Protein C-reaktif merupakan suatu protein yang dihasilkan oleh hati, terutama saat terjadi infeksi atau inflamasi di dalam tubuh. Tekanan darah perempuan yang kurang tidur juga bisa meningkatkan tekanan darah (hipertensi) dan penyakit jantung.

Pada penelitian Suarez, ditemukan bahwa perempuan yang kurang tidur memiliki kadar insulin yang tinggi dan gula darah yang lebih tinggi dibandingkan pria. Hal ini pun bisa membuat perempuan berisiko mengalami diabetes tipe II.

Kurang tidur juga bisa memicu depresi. Saat kurang tidur, kita akan mengalami masalah konsentrasi dan daya ingat. Jadi mudah marah dan sangat sensitif.

Kurang Tidur Juga Memicu Naiknya Berat Badan

Perempuan yang kurang tidur juga berisiko mengalami kenaikan berat badan. Bahkan dibandingkan pria dengan masalah kurang tidur yang sama, perempuan bisa berisiko lebih tinggi mengalami kegemukan. Sebab kurang tidur bisa meningkatkan nafsu makan. Bila nafsu makan ini tidak terkontrol dengan baik, berat badan pun bisa ikut naik.

Saatnya untuk kembali memperbaiki pola dan kebiasaan tidur kita, ya. Sesibuk dan sepadat apapun rutinitas kita, tetaplah penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya.

Loading