Sukses

Lifestyle

Tips Memulai Program Olahraga Tanpa Harus Pergi ke Gym

Fimela.com, Jakarta Setelah bertekad ingin menjalani hidup sehat tanpa bolos dan gagal diet lagi, kini kamu memutuskan untuk berolahraga dengan rutin. Bukan hanya agar tubuh menjadi lebih langsing, tetapi olahraga rutin sangat baik untuk kesehatan jantung, kelancaran peredaran darah, dan juga daya tahan tubuh. 

Namun, bagi sahabat Fimela yang baru saja ingin memulai, biasanya akan mengalami banyak kesulitan. Terutama dalam hal mengatur waktu dan konsistensi untuk berolagraga demi hidup yang sehat

Banyak orang yang akhirnya mendaftar keanggotaan di gym atau studio olahraga. Dengan memiliki janji dengan pelatih pribadi atau sudah membayar biaya keanggotaan, kamu mungkin saja tidak akan bolos dan berhenti di tengah jalan lagi untuk berolahraga seperti tahun lalu. 

Trik ini mungkin saja berhasil pada beberapa orang. Tetapi, tidak pada setiap orang. Padahal, tanpa membayar keanggotaan yang mahal atau membeli workout equipment untuk 'memaksa' diri berolahraga, kamu tetap bisa untuk konsisten. 

Self.com menulis, ada beberapa trik dan jenis olahraga tertentu yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan uang. Asalkan ada tekad kuat untuk tidak menyerah. 

Mulai Latihan Menggunakan Berat Badan

Membeli dumbbell, kettlebell, atau matras yoga yang mahal tidak akan menjamin kamu akan terus berolahraga dengan teratur hingga target tahun 2019 tercapai di akhir tahun nanti. Karena yang penting adalah niat, maka mulailah berolahraga di rumah. 

Melatih otot-otot tubuh memang membutuhkan pemberat. Namun, jika masih pemula, tidak ada salahnya untuk berlatih di rumah tanpa alat mahal. Lebih baik latih diri menggunakan body weight terlebih dahulu. 

Buat Program Sendiri

Meski berlatih di rumah, bukan berarti kamu asal-asalan. Tentukan dulu tujuan yang akan kamu capai dalam jangka waktu pendek. Lalu, tentukan juga fokusnya, apakah ingin membentuk otot atau menurunkan berat badan. 

Jika tujuanmu menurunkan berat badan, sebaiknya fokus untuk berlatih cardio dan HIIT yang banyak membakar lemak dan kalori. Kalau tujuanmu membentuk otot, pusatkan perhatian pada jenis-jenis latihan yang fokus pada otot-otot tertentu. Misalnya, push up, russian twist, dan plank yang dapat menguatkan dan membentuk otot core. 

Jangan lupa untuk membuat jadwal olahraga perbulan. Untuk pemula, sebaiknya mulailah berolahraga 3 kali dalam seminggu. Lalu, mulailah membuat jadwal. Selamat berolahraga, ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading