Sukses

Lifestyle

Mengapa Onigiri Dibungkus Rumput Laut? Ini Alasannya

Fimela.com, Jakarta Makan nasi kepal khas Jepang atau disebut onigiri, pasti ada satu hal yang menjadi ciri khasnya, yaitu bagian luar yang dibalut dengan nori atau rumput laut berupa lembaran. Dengan bentuk segitiga yang khas, nori seringkali menjadi pembungkus nasi kepal Jepang ini.

Tapi mengapa harus dibungkus nori? Ternyata hal ini ada sejarah dan tujuannya.

Orang Jepang memutuskan membungkus nasi kepal dengan nori karena pada dasarnya nasi kepal hampir seluruhnya karbohidrat. Dilansir dari Soranews24, untuk menyeimbangkan serta membantu karbohidrat lebih mudah diubah menjadi energi, tubuh membutuhkan vitamin B yang dikandung dalam rumput laut.

Bukan hanya itu, nasi kepal juga rawan hancur jika dibiarkan begitu saja. Sedangkan nori berfungsi menjaga bentuk nasi kepal dan lebih memudahkan orang yang akan memakan onigiri tersebut karena tangan tidak lengket dengan nasi.

Dibandingkan bungkus plastik yang tidak alami dan sulit diuraikan alam, orang Jepang memilih nori sebagai pengganti pembungkus nasi yang sekaligus bisa dimakan. Jadi, ternyata seperti itu peran nori pada onigiri atau nasi kepal Jepang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Makanan Baik dan Buruk untuk Dikonsumsi bagi Penderita Sakit Maag
Artikel Selanjutnya
Jangan Pernah Mengomentari Pilihan Makanan Rekan Kerja, Ini Alasannya