Sukses

Lifestyle

Mengenal 6 Jenis Kalender yang Digunakan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Tak terasa kita telah sampai pada hari ke-7 bulan Januari di tahun 2019. Meski sudah sampai pada tanggal 7, hari-hari ini juga masih bisa dikatakan tahun baru karena masih dalam suasana pergantian tahun.

Ngomongin soal pergantian tahun, sahabat Fimela sudah punya kalender baru untuk tahun 2019 apa belum nih? Kalender sendiri merupakan penanda periode waktu. Kalender diciptakan untuk memberi nama pada sebuah periode waktu tertentu. Nama ini sering disebut sebagai tanggal kalender. Untuk penanggalan, bisa didasarkan dari gerakan benda angkasa baik itu Bulan dan Matahari serta berberapa hal lainnya.

Mengenai kalender, melansir dari laman liputan6.com, di Indonesia sendiri ada 6 jenis kalender yang umum digunakan. Berikut 6 jenis kalender tersebut.

1. Kalender Masehi

Kalender adalah kalender yang umum digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kalender Masehi dihitung sejak kelahiran Yesus. Perhitungannya berdasar pergerakan Matahari.

2. Kalender Hijriyah

Jenis kalender kedua yang digunakan di Indonesia adalah Kalender Hijriyah. Kalender ini digunakan oleh penganut Agama Islam dan dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Mekkah dan Madinah pada tahun 622 Masehi. Kalender Hijriyah dihitung berdasar sistem peredaran Bulan.

3. Kalender Jawa

Jenis kalender selanjutnya ada Kalender Jawa. Kalender Jawa umumnya digunakan oleh Masyarakat Jawa. Dibanding kalender lainnya, Kalender Jawa cukup rumit perhitungannya karena diyakini sebagai kalender perpaduan antara budata Islam, Hindu-Budha Jawa dan Barat.

4. Kalender Sunda

Kalender jenis selanjutnya yang masih digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Sunda adalah Kalender Sunda. Kalender ini mirip dengan Kalender Masehi. Yang membedakan Kalender Sunda dan Masehi adalah nama bulannya. Di Kalender Sunda, bulannya bernama Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra dan Asuji.

5. Kalender Saka

Kalender Saka merupakan kalender yang berasal dari India yang dihitung berdasar peredaran Matahari maupun Bulan. Kalender Saka dulu digunakan oleh masyarakat Indonesia Bagian Barat sebelum masukknya Islam di tanah air. Seiring dengan berjalannya waktu, Kalender Saka mulai dimodifikasi sesuai budaya masing-masing daerah termasuk Jawa dan Bali.

6. Kalender Saka Bali

Kalender ini adalah kalender yang sampai saat ini masih sering digunakan masyarakat Hindu Bali. Penanggalan Kalender Saka Bali dihitung berdasar posisi atau peredaran Matahari dan Bulan.

Itulah beberapa jenis kalender yang digunakan di Indonesia. Selain Kalender Masehi dan Hijriyah yang sangat kita kenal, ternyata masih ada beberapa kalender khas Indonesia yang unik dan mengesankan ya Sahabat Fimela.

Loading