Sukses

Lifestyle

Tips Menyiasati Anggaran Undangan Pernikahan yang Tak Terkontrol

Fimela.com, Jakarta Pernikahan bukan hanya tentang dua orang yang saling mencintai, namun juga biaya yang harus benar-benar dipikirkan dan dipersiapkan secara matang. Berbicara tentang biaya, undangan pernikahan bisa menggunakan cukup banyak ruang dari anggaran yang telah disiapkan sebelumnya.

Dilansir dari marketwatch.com, Rabu (9/1/2019), rata-rata acara pernikahan di Amerika bisa menghabiskan biaya lebih dari 33.000 dolar pada tahun 2017. Angka ini didapatkan dari perencanaan selama berbulan-bulan, makanan, musik, bunga, gaun, dan tempat acara pernikahan diadakan.

a

Merencanakan pernikahan tidak selalu mudah, karena pernikahan cenderung menyangkut masalah sensitif bagi pasangan di dalamnya dan keluarga. Industri pernikahan sebenarnya didasarkan pada emosi.

Menurut The Knot, rata-rata biaya yang dihabiskan pasangan untuk membuat undangan pernikahan di Amerika pada tahun 2017 adalah 408 dolar. Belum lagi untuk acara pernikahan yang beranggaran besar, harga undangannya bisa dua kali lipat, yaitu 1.000 dolar atau lebih.

Undangan adalah hal pertama yang akan dilihat seseorang dari hari pernikahan, mencerminkan gaya dari pasangan yang akan menikah. Selain itu, para tamu juga bisa menentukan hadiah yang akan diberikan dari undangan pernikahan yang diterima.

 

2 dari 2 halaman

Tips menyiasati anggaran undangan pernikahan yang tak terkontrol

Tidak ingin menghabiskan sebagian besar anggaran hanya untuk undangan? Berikut ini adalah beberapa tips menyiasati biaya undangan pernikahan yang tak terkontrol.

1. Alternatif harga yang lebih murah

Carilah vendor undangan pernikahan yang menawarkan harga lebih murah. Atau pasangan bisa memilih untuk membuat sendiri undangan pernikahan, walaupun pasti menyita lebih banyak waktu dan tenaga.

Beberapa waktu lalu, terkenal undangan pernikahan digital. Ya, kirimkan undangan pernikahan digital yang jelas gratis dan nyaman digunakan.

2. Alternatif harga sedang

Menyiasati harga undangan pernikahan juga bisa dilakukan dengan menemukan vendor yang dapat menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki pasangan. Tentu saja, semakin rumit rancangan undangannya akan semakin banyak menghabiskan biaya.

3. Undangan pernikahan yang mahal

Bagi pasangan yang memiliki anggaran tak terbatas, undangan hanya masalah sepele. Dengan anggaran tak terbatas, undangan pernikahan bisa dibentuk sedemikian rupa, mulai dari magnet kulkas, bunga, hingga tas. Masih bingung dengan masalah undangan pernikahan?

Artikel Selanjutnya
5 Bulan Terbaik Untuk Melangsungkan Pernikahan dalam Penanggalan Jawa
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Aku Akan Menikah, Punya Kekasih pun Tidak
: