Sukses

Lifestyle

Berhenti Berlagak Sok Tegar, Mengeluh Justru Memanusiakanmu

Fimela.com, Jakarta Pernah disepelekan karena mengeluh? Ya, memang tidak semua orang tahan saat mendengar keluhan. Apalagi jika keluhan tersebut berulang dan tentang hal yang sama. Justru saat kita mengeluh, orang terdekat kita lebih gencar mengeluh dan seakan apa yang terjadi padanya sangatlah buruk.

Well, apakah benar mengeluh itu justru membuatmu terlihat lemah? Sahabat Fimela, adakalanya kita perlu mengeluh. Mendaur ulang emosi itu sangat penting, agar kita tetap baik-baik saja.

1. Terlihat Baik-Baik Saja Bukan Jaminan Bahagia

Apa yang dicari saat berusaha baik-baik saja? Jika memang sedang tidak nyaman, maka katakan perasaanmu. Meluapkan emosi itu penting. Memendam rasa kecewa berusaha untuk tegar justru akan membuat emosimu tidak stabil dan akan berakibat buruk pada kesehatan mentalmu.

Sesekali mendengarkan kalimat motivasi memang penting untuk meningkatkan mood-mu, namun tidak ada salahnya jika meluapkan rasa kecewa dengan mengeluh. Dunia tidak akan berakhir hanya karena keluhanmu kan?

2. Mengeluh akan Membuatmu Tidak Mudah untuk Puas

Selain mengeluh pada orang lain, seringkali kita juga mengeluh pada diri sendiri. Mungkin Sahabat Fimela menganggap hal itu melelahkan, namun yang perlu diketahui mengeluh dapat meningkatkan motivasi untuk tidak puas.

Saat mengeluh biasanya karena kita tidak berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, tentu hal ini dapat memotivasimu agar lebih positif dan tidak mudah terbuai dengan keberhasilan.

3. Mengeluh Tidak Menyelesaikan Masalah Tapi Ia Melegakanmu

Seringkali kita mendapat kritikan saat mengeluh atau mengritik orang lain karena sepanjang waktu selalu mengeluh. Justru kita lupa mengeluh memang tidak akan menyelesaikan masalah namun mengeluh dapat melegakanmu.

Saat mengeluh sebenarnya kita sedang mengeluarkan energi negatif dalam tubuh kita. Maka tidak heran jika setelah mengeluh perasaanmu jauh lebih ringan.

Dengan mengeluh kita belajar untuk tidak memendam perasaan. Belajar untuk menyelamatkan ego. Tidak ada yang salah dengan mengeluh, karena keluhan memanusiakan kita. Selamat hari ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading