Sukses

Lifestyle

Lomba Lari, Cara Asik Menikmati Keindahan Wisata Mandeh

Fimela.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak surga tersembunyi yang bisa dikunjungi. Salah satunya Mandeh di Sumatera Barat.

Di tahun 2017, wisata ini bahkan mendapatkan penghargaan sebagai wisata surga tersembunyi terpopuler. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan Mandeh dideglarasikan pada tahun 2015 sebagai tempat wisata terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo.

Kawasan Mandeh ini menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan. "Kawasan wisata Mandeh memiliki potensi bahari yang kuat, sehingga membutuhkan komitmen dukungan multisektor yang tinggi untuk dikembangkan secara terencana dan terpadu," kata Arief Yahya, ditemui di kementerian Pariwisata Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pemda Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2007 telah menyusun master plan pengembangan kawasan wisata Mandeh yang memiliki potensi di dalamnya berupa terumbu karang seluas 70,32 ha, mangrove 313,32 ha, padang lamun 21,23 ha. dan keragaman hayati seluas 404,55 ha.

Kawasan wisata Mandeh dikembangkan berdasarkan zonasi; ada zona pariwisata bahari, rekreasi, dan edukasi yang dilakukan dalam beberapa tahapan antara lain; peningkatan kesadaran kolektif, pengembangan rencana kawasan wisata bahari, pengembangan kelembagaan pengelolaan kawasan pariwisata bahari serta pengembangan bisnis dan investasi pariwisata berbasis masyarakat.

BRI Mandeh Run 2019

Untuk lebih mengenalkan keindahan Mandeh agar cepat dikenal oleh wisatawan di dalam negeri maupun mancanegara diadakanlah BRI Mandeh Run, yang diselenggarakan pada 3 Maret 2019 mendatang.

“Pembangunan fasilitas jalan sepanjang 43 kilometer di kawasan Mandeh baru saja selesai. Kita manfaatkan untuk BRI Mandeh Run 2019 sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan Mandeh,” ujar Andrinof A Chaniago, yang pernah menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Kerja ( 27 Oktober 2014 hingga 12 Agustus 2015).

Penyelenggaraan lomba lari BRI Mandeh Run 2019 yang baru pertama kali dan menargetkan akan diikuti 2.000 peserta dari dalam negeri dan mancanegara ini sebagai upaya mempromosikan kemdahan kawasan Wisata Mandeh yang mendapat julukan sebagai ‘The Paradise of the South’ serta ‘Raja Ampat Sumatera’.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, lomba lari BRI Run Mandeh 2019 yang terbagi dalam tiga kategori 5K, 10K atau 21K banyak diminati wisatawan dan akan menjadi ajang promosi yang besar bagi Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kawasan wisata Mandeh menjadi ikon pariwisata Pesisir Selatan,” kata Hendrajom.

 

Loading